nusabali

Liga Dihentikan, APPI Bersiap Lindungi Pemain

  • www.nusabali.com-liga-dihentikan-appi-bersiap-lindungi-pemain

JAKARTA, NusaBali
Liga 1 dan Liga 2 dihentikan karena virus Corona,  APPI (Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia) pun ancang-ancang dan bersiap melindungi pemain.

PSSI memutuskan menghentikan kompetisi Liga Indonesia untuk batas waktu yang belum ditentukan. Dengan demikian, klub bakal mengalami masalah terkait kontrak pemain, yang sebagian besar berdurasi hingga akhir 2020.

Harap-harap cemas kompetisi bakal berakhir di tahun 2021 tak bisa terhindarkan. Terlebih, Liga 1 baru berjalan tiga pekan dan Liga 2 baru bergulir satu pekan. APPI pun bersiap mengatasi masalah ini. Berbagai jenis kontrak pemain juga sudah dipelajari.

"Ini jelas konteksnya pandemi atau force majeure. Exco APPI sedang membahasnya terkait kemungkinannya seperti apa," kata kuasa hukum APPI, Riza Hufaida, kepada detikSport.

"Kami juga sudah lihat seperti apa kontrak pemain untuk antisipasi apapun yang terjadi terkait kompetisi ini. Terpenting APPI nanti bakal mengeluarkan sikapnya diwakili oleh para Exco," kata Riza.

Riza tak ingin ada masalah besar dari imbas penghentian kompetisi. Situasi yang ditakutkan adalah klub mengambil keputusan sepihak yang merugikan pemain. Harapannya, APPI diajak komunikasi untuk kelangsungan kompetisi, sebab semua pihak bakal dirugikan atas situasi ini. Menurutnya, semua pasti bisa untuk dikomunikasikan.

"Duduk bersama melakukan musyawarah untuk menentukan nasib bersama. Jangan sampai seperti kejadian yang dahulu (pemberhentian Liga 2015), pemain tidak dilibatkan dan keputusan cuma sepihak," kata Riza Hufaida. *

Komentar