nusabali

Kurangi Stres Pemainnya, Liverpool Libatkan Psikolog

  • www.nusabali.com-kurangi-stres-pemainnya-liverpool-libatkan-psikolog

LIVERPOOL, NusaBali
Semua pemain Liverpool mendapat saran kesehatan mental terkait ancaman gagal juara liga, karena ketidakpastian Liga Inggris.

Skuat The Reds pun diimbau lebih fokus meminimalkan infeksi virus corona. Di tengah penundaan, muncul isu jika Liga Inggris musim ini akan dibatalkan sepenuhnya andai virus corona gagal diatasi di Inggris. Alhasil, upaya Liverpool meraih gelar juara Premier League terancam kandas.

Untuk meminimalkan resiko stres para pemain di tengah ketidakpastian tersebut, Liverpool memberikan saran kesehatan mental buat seluruh skuatnya. Melansir Daily Mail, bantuan itu diberikan melalui sebuah dokumen berjudul "Kesehatan Mental dan Kesejahteraan" yang disusun psikolog klub, Lee Richardson.

Pada dokumen itu, dituliskan jika keputusan terkait Premier League bukan dalam kendali Mohamed Salah dkk. Para pemain lebih diharapkan mampu mengontrol sikap dan menjaga diri di tengah wabah virus corona.

Selain itu, Richardson turut mengimbau para pemain Liverpool memulai hari dengan latihan pernapasan untuk mereduksi stres. Mereka juga diharapkan lebih banyak meluangkan waktu bersama keluarga dan mengurangi akses ke media sosial dan berita terkait klub.

"Dalam upaya fokus kepada kontrol dan penerimaan sesuatu yang tak bisa dikendalikan, semisal Premier League dan respon pemerintah, kami mendapat kesempatan terbaik untuk melampaui tantangan psikologis. Sebagaimana yang manajer telah katakan sebelumnya, sepakbola bukan hal yang paling penting." kata Richardson, dikutip dari Daily Mail.

"Menjaga kesehatan dan keamanan semua orang adalah yang terpenting saat ini. Seperti yang anda ketahui, menyikat gigi secara teratur meningkatkan kesehatan gigi. Dengan cara yang sama, pernapasan diafragma yang baik meningkatkan kesehatan mental," ujar Richardson.

Liverpool hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk menyegel gelar juara Liga Inggris pertama dalam 30 tahun terakhir. Klub asal Merseyside itu kini unggul 25 poin di atas rival terdekat mereka, Manchester City.

Namun, asa Liverpool segera menjadi juara lebih awal sirna karena wabah virus corona. Pandemi COVID-19 memaksa Liga Inggris ditunda sejak medio Maret hingga April 2020. *

Komentar