nusabali

Senderan Longsor, Rumah Warga Umajero Jebol

  • www.nusabali.com-senderan-longsor-rumah-warga-umajero-jebol

Keluarga korban terdampak bencana sementara tidur di emper rumah karena tembok dua kamar rumahnya jebol.

SINGARAJA, NusaBali

Hujan deras yang mengguyur Buleleng kembali mendatangkan bencana. Sebuah rumah milik warga Desa Umajero, Kecamatan Busungbiu, Kecamatan/Kabupaten Buleleng rusak parah setelah dijebol material senderan longsor, Senin (23/3) sekitar pukul 13.00 Wita.

Bencana yang menimpa rumah Made Adil, 74, itu terjadi sesaat setelah hujan deras mengguyur kawasan Umajero dan sekitarnya. Tembok senderan milik Nengah Kartini, 61, di belakang rumah lansia itu tiba-tiba ambruk dan menjebol tebok rumahnya. Beruntung saat tembok senderan berukuran 7x15 meter itu ambruk, Made Adil sedang berada di luar rumah, sehingga selamat dari maut. Material senderan yang ambruk berupa batu dan beton menimpa dua kamar tidurnya, sehingga kondisi saat ini dinyatakan darurat dan tidak dapat ditempati.

Korban Made Adil yang hingga kini masih bekerja sebagai buruh tani terpaksa tinggal di emperan rumahnya agar tetap aman. Kerusakan cukup parah di dua kamar tidur rumah semi permanennya diperkirakan mengalami kerugian hingga Rp 15 juta.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, Ida Bagus Suadnyana, dihubungi terpisah mengaku sudah menerima laporan bencana itu. BPBD Buleleng juga telah mengirim Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk mengidentifikasi kerusakan yang dialami korban. “Masyarakat setempat sudah bergotong royong membersihkan material longsor dengan sangat sadar, besok kami suplai untuk bantuan sembako dan terpal,” ucap Kalak Suadnyana.

Selain itu kerusakan rumah yang dialami korban Made Adil juga diarahkan BPBD untuk dibuatkan laporan oleh Pemerintah Desa sebagai landasan pengajuan permohonan bantuan sosial ke BPBD Provinsi Bali.*k23

loading...

Komentar