nusabali

Upacara Melasti Berjalan Hikmat

  • www.nusabali.com-upacara-melasti-berjalan-hikmat

JAKARTA, NusaBali
Meski jumlah umat Hindu di Jakarta dibatasi untuk hadir dalam upacara melasti di Pura Segara Cilincing, Jakarta Utara pada Minggu (22/3) kemarin, namun upacara tetap berjalan hikmat.

Menurut Ketua Suka Duka Hindu Dharma (SDHD) DKI Jakarta Made Sudarta, mereka melaksanakan upacara melasti tanpa mengurangi fungsi dan maknanya.

"Upacara kemarin, kami lakukan mulai pukul 09.00 WIB tanpa mengurangi fungsi dan maknanya. Upacara dipimpin Pandita Romo Broto Pudjo Sedjati. Upacara berjalan hikmat, walau jumlah yang datang terbatas," ujar Made Sudarta kepada NusaBali, Senin (23/3).

Upacara melasti dihadiri panitia perayaan hari raya Nyepi tahun baru Saka 1942 DKI Jakarta, petugas upacara dan perwakilan umat setempat. Total ada 20 orang, termasuk Made Sudarta sebagai Ketua SDHD DKI Jakarta. "10 orang di dalam Pura dan 10 orang lainnya berjaga-jaga di luar," ucap Made Sudarta.

Pelaksanaan upacara melasti tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya upacara dihadiri ratusan umat Hindu di ibukota Jakarta. Berhubung virus corona merebak dan ada imbauan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Presiden Joko Widodo agar tidak melaksanakan kegiatan yang mengumpulkan massa membuat mereka membatasi jumlah umat yang hadir.

"Kami taat dengan aturan itu, karena ini merupakan bagian dari catur guru yakni guru wisesa atau pemerintah," jelas Made Sudarta.

Umat yang datang pun wajib mengisi buku tamu. Kemudian suhu tubuh mereka di cek dan saat melaksanakan ibadah ada jarak sekitar dua meter.

Hal tersebut berlaku pula saat upacara tawur kesanga pada Selasa (24/2) di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur. "Lantaran yang hadir sedikit, maka kami menjaga jarak dua meter," papar Made Sudarta. Terkait pengambilan tirta di laut, Made Sudarta mengatakan, ritual itu tetap dilakukan.

Tirta selanjutnya dibagi-bagikan ke Pura yang berada di wilayah DKI Jakarta. Setiap Pura mengutus perwakilannya untuk mengambil air tersebut. Setelah semua proses dilakukan, mereka segera pulang ke rumah masing-masing. *k22

loading...

Komentar