nusabali

BPBD Gelar Penyemprotan Serentak

  • www.nusabali.com-bpbd-gelar-penyemprotan-serentak

AMLAPURA, NusaBali
BPBD Karangasem menggelar penyemprotan disinfektan secara serentak di 21 lokasi, Minggu (22/3).

Penyemprotan dimulai dari kantor KPUD Karangasem, sekolah, masjid, dan gereja di kota Amlapura dari pagi hingga sore, Minggu (23/3). Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus corona. Penyemprotan disinfektan juga dilakukan di sejumlah kantor desa.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, memimpin penyemprotan di Objek Wisata Padangbai dengan menyemprot fasilitas umum, dermaga rakyat, dan pasar desa. “Kami lakukan penyemprotan secara menyeluruh menyasar fasilitas umum agar terbebas dari virus corona,” ungkap Ida Ketut Arimbawa. Dikatakan, virus corona menular bukan melalui perantara udara, tetapi melalui perantara benda-benda. Sebab virus corona menempel di benda.

Benda itu kena air ludah dari yang terjangkit virus corona atau kena bersin dari terjangkit virus corona. “Makanya benda-benda itu kami semprot agar seluruh kuman, bakteri, virus atau hama lainnya bersih,” tambahnya. Atas dasar itulah pentingnya meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Caranya lebih sering cuci tangan, gunakan masker, dan hindari bertatap muka dengan warga yang tengah batuk atau bersin, hindari pula untuk sementara berjabat tangan.

Perbekel Desa Purwakerti, I Nengah Karyawan, juga mengaku telah melakukan penyemprotan disinfektan di kantornya. “Wabah corona membuat warga waswas berurusan ke kantor desa, begitu juga perangkat desa, makanya saya semprot kantor desa agar steril,” kata Nengah Karyawan. Terpisah, Perbekel Desa Duda Timur, I Gede Pawana, mengaku berusaha memberikan rasa nyaman kepada warga yang datang ke kantor desa. Makanya kami lakukan penyemprotan,” jelas Gede Pawana. *k16

loading...

Komentar