nusabali

Ogoh-ogoh 'Dwarapala Murka' Jawara Lomba Tingkat Kabupaten Jembrana

  • www.nusabali.com-ogoh-ogoh-dwarapala-murka-jawara-lomba-tingkat-kabupaten-jembrana

NEGARA, NusaBali
Panitia Lomba Ogoh-ogoh Kabupaten Jembrana telah menentukan 5 pemenang dari 15 ogoh-ogoh terbaik karya sekaa teruna (ST) yang dinilai secara maraton pada Jumat (20/3) lalu.

Sesuai hasil penilaian, juara I diraih ST Satya Dharma Kerti dari Desa Pangyangan, Kecamatan Pekutatan, dengan karya ogoh-ogoh bernama ‘Dwarapala Murka’. Ketua Panitia Lomba Ogoh-ogoh Kabupaten Jembrana I Ketut Arya Tangkas, Minggu (22/3), pemenang lomba ogoh-ogoh langsung ditentukan setelah melakukan penilaian yang berlangsung hingga Jumat petang. “Setelah penilaian ke masing-masing lokasi pembuatan ogoh-ogohnya, langsung kami rekap hasilnya. Malam itu juga kami umumkan kepada masing-masing pemenang. Dari penilaian kami, ST Satya Dharma Kerti yang keluar sebagai juara I dengan hadiah uang Rp 10 juta,” ujarnya.

Sedangkan juara II yang berhak mendapat hadiah uang Rp 8 juta diraih ST Guna Widya dari Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, dengan karya ogoh-ogoh ‘Raksasa Anthaka’. Juara III dengan hadiah uang Rp 6 juta, diraih ST Kembang Sari dari Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, dengan karya ogoh-ogoh ‘Akah Changing’. Kemudian juara harapan I dan juara Harapan II dengan hadiah uang masing-masing Rp 4 juta, diraih ST Dalem Cakti dari Desa/Kecamatan Melaya dengan karya ogoh-ogoh ‘Bun Mingmang’, dan ST Eka Cita dari Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, dengan karya ogoh-ogoh ‘Swaka Astramaja’.

Menurut Tangkas, hasil penilaian lomba ogoh-ogoh tersebut murni ditentukan oleh 5 anggota tim penilai yang merupakan kalangan tokoh seni. Lantaran parade dibatalkan berkenaan antisipasi penyebaran virus Corona, maka yang dinilai pada lomba ogoh-ogoh tahun ini hanyalah menyangkut bentuk ogoh-ogohnya. Baik itu dari sisi ide gagasan, komposisi, kreativitas, dan ekspresi ogoh-ogohnya. Sedangkan saat ada parade seperti tahun-tahun sebelumnya, turut dinilai iringan tabuh serta fragmentari yang disiapkan masing-masing peserta lomba. *ode

Komentar