nusabali

Puan Maharani Apresiasi Upaya Masyarakat Tanggulangi Covid-19

  • www.nusabali.com-puan-maharani-apresiasi-upaya-masyarakat-tanggulangi-covid-19

JAKARTA, NusaBali
Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi upaya-upaya yang jelas dan nyata dari masyarakat dalam penanggulangan penyebaran virus Corona alias Covid-19 di Indonesia.

“Saya mengapresiasi tindakan proaktif yang jelas dan nyata dari masyarakat, mulai dari kampanye rajin mencuci tangan, saling memotivasi untuk melakukan social distancing, serta saling memberi semangat antar-elemen bangsa dalam menangani pandemik Covid-19,” kata politisi PDIP itu dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (19/3).


Dia menilai langkah masyarakat itu merupakan karakter asli masyarakat Indonesia yang saling bergotong-royong menghadapi masalah. Menurut dia apa yang dilakukan masyarakat itu sekaligus sebagai modal sosial untuk mengatasi persoalan wabah Covid-19. “Modal sosial itu jangan disia-siakan, jangan sampai kita kehilangan momentum untuk mengatasi wabah Covid-19,” ujarnya.

Selain itu dia meminta pemerintah harus menjamin ketersediaan bahan pokok sehingga tidak menimbulkan saling borong barang karena panik, untuk menjaga ketenangan warga menghadapi pandemi Covid-19.

Puan juga meminta pemerintah harus memastikan layanan publik terus berjalan meskipun ada kebijakan bekerja dari rumah (work from home – WFH) sebagai penerapan menjaga jarak secara sosial.

“Pemerintah juga harus memikirkan warga yang kehilangan pendapatan akibat praktik social distancing. Karena itu, perlu dirumuskan segera kebijakan afirmatif atas dampak Covid-19 terhadap masyarakat yang tidak mampu,” kata Puan.

Namun Puan juga meminta pemerintah percepat berbagai upaya penanggulangan Covid-19, karena di lapangan upaya penanganan virus tersebut belum terlihat nyata.

“Kami mengapresiasi langkah pemerintah yang telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Namun di lapangan, upaya percepatan penanganan belum terlihat nyata,” kata dia.

Dia menilai saat ini waktunya melompat lebih jauh, lebih cepat, karena kita berlomba dengan deret ukur penyebaran virus Covid-19. Negara harus benar-benar dirasakan kehadirannya oleh masyarakat dalam memimpin penanggulangan virus Covid-19 yang ditunjukkan dengan memperluas pelayanan pemeriksaan di area publik seperti pasar, stasiun, dan terminal.

“Pemerintah hendaknya mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait Covid-19, seperti peta sebaran kasus dan informasi layanan kesehatan,” ujar Puan.

Politisi PDI Perjuangan itu juga meminta pemerintah melakukan percepatan aksi seperti penyediaan alat tes Covid-19 dalam jumlah masif yang disebar di berbagai titik pelayanan kesehatan masyarakat.

Dia meminta petugas medis aktif mendatangi wilayah yang rawan untuk melakukan tes tersebut, sekaligus mempermudah akses masyarakat untuk melakukan tes Covid-19.

“Pemerintah secepatnya mencari solusi agar layanan tes Covid-19 ini bisa dilakukan secara gratis. Selain itu, pemerintah selayaknya menyediakan alat perlindungan diri dari risiko terpapar virus tersebut kepada warga, yaitu masker dan pembersih tangan secara cuma-cuma,” katanya.

Puan menilai saat ini sudah waktunya pula pemerintah menyiapkan bilik sterilisasi, terutama di terminal dan stasiun transportasi umum dan di tempat publik lainnya.

Dia menegaskan bahwa DPR mendukung penggunaan dana penanganan dan penanggulangan bencana untuk kegiatan penanggulangan Covid-19. *ant

Komentar