nusabali

Kawasan Hutan Jadi TPS Liar

  • www.nusabali.com-kawasan-hutan-jadi-tps-liar

BANGLI, NusaBali
Beberapa titik kawasan hutan di Desa/Kecamatan Kintamani, Bangli, menjadi tempat pembuangan sampah (TPS) liar.

Terkesan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan masih lemah. Menurut warga sekitar, kawasan hutan harus steril dari sampah. Akibat rendahnya kesadaran segelintir warga, mereka memanfaatkan kawasan hutan sebagai tempat membuang sampah.

Warga sekitar mengatakan, keberadaan sampah juga akan berdampak negatif  terhadap  pariwisata. Pasalnya areal hutan banyak dimanfaatkan untuk paket wisata sepeda. Sejauh ini belum ada tindakan baik itu dari instasi terkait mampun aparat desa terhadap warga yang membuang sampah di kawasan hutan. “Seolah-olah ada pembiaran, kalau ini tidak segera ditertibkan, lambat laun kawasan hutan akan rusak,” sesalnya, Kamis (19/3).

Terpisah, Camat Kintamani Wayan Bona saat dikonfirmasi tidak menampik kalau ada beberapa titik pinggiran hutan dijadikan tempat pembuangan sampah. Menyikapi masalah itu, akan turun memberikan edukasi ke masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. “Kami nanti akan berkoordinasi dengan Perbekel dan Bendesa setempat untuk mengatasi masalah  tersebut," jelasnya.

Camat Wayan Bona akan berkomumikasi dengan pihak kehutanan. Disinggung terkait tempat pembuangan sampah, Wayan Bona mengatakan di beberapa lokasi belum dilengkapi tong sampah. “Memang layanan pengangkutan sampah ada di Kintamani, namun di beberapa lokasi belum tersedia tong sampah,” imbuhnya. Camat segera berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan hidup. *esa

loading...

Komentar