nusabali

Besuk Lapas Anak Diganti Video Call

  • www.nusabali.com-besuk-lapas-anak-diganti-video-call

AMLAPURA, NusaBali
Besuk warga binaan di LPKA (Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak) Karangasem ditiadakan dan diganti menggunakan video call.

Sebenarnya hal itu diberlakukan sejak Senin (16/3), tetapi efektif resmi dilakukan mulai Rabu (18/3) hingga Selasa (31/3). Hal itu sesuai instruksi dari Plt Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Nugroho.

Tujuan untuk mempersempit ruang gerak penyebaran virus corona, jangan sampai menular kepada warga binaan. Kepala Seksi Pembinaan Lapas di LPKA Karangasem I Komang Suparta memaparkan hal itu di ruang kerjanya, di Lingkungan Susuan, Kelurahan/Kecamatan Karangasem, Rabu (18/3).

I Komang Suparta menjelaskan, sebagai pengganti ditiadakannya besuk, maka diganti dengan melakukan komunikasi melalui video call, yang telah disediakan pihak LPKA Karangasem. Video call dilakukan, pihak orangtua warga binaan itu muncul di layar komputer setelah disambungkan melalui internet. Setiap hari bisa melakukan video call, dibagi dua kali kesempatan: Video call untuk pagi pukul 09.00 Wita-11.00 Wita, sedangkan untuk siang pukul 13.30 Wita-15.30 Wita.

Sehingga dipastikan sebanyak 32 warga binaan steril dari pengaruh virus korona, begitu juga seluruh pegawai di LPKA Karangasem diharapkan menjaga kondisi agar terbebas dari virus corona. Mengingat katanya di LPKA ada fasilitas komputer tersambung ke internet, sehingga bisa melakukan komunikasi lewat video call. Ketentuan besuk melalui video call, telah disosialisasikan kepada keluarga warga binaan, yang semuanya berstatus narapidana.

"Warga binaan sudah mulai mencoba melakukan komunikasi melalui video call," jelas I Komang Suparta. Secara teknis, tidak ada kendala. Semua warga binaan telah memulai melakukan komunikasi video call. Nantinya setelah 31 Maret, akan ada pemberitahuan lebih lanjut. *k16

loading...

Komentar