nusabali

Hujan Deras, Jalan Penghubung Desa Lemukih - Sekumpul Ambles

  • www.nusabali.com-hujan-deras-jalan-penghubung-desa-lemukih-sekumpul-ambles

Luapan air di saluran irigasi menggerus badan jalan sepanjang 50 meter di sisi barat jalan.

SINGARAJA, NusaBali

Hujan deras yang mengguyur wilayah Buleleng, Selasa (17/3), mengakibatkan setengah badan jalan penghubung Desa Lemukih- Sekumpul, Kecamatan Sawan, Buleleng ambles. Jalan ambles di Banjar Dinas Desa, Desa Sekumpul itu terjadi pada pukul 17.00 Wita.

Menurut Camat Sawan I Gusti Ngurah Suradnyana, dihubungi Selasa (17/3), peristiwa bencana jalan ambles di bawah Pura Subak Sekumpul, dipicu hujan deras. Hujan mengguyur wilayah Buleleng sejak siang hingga sore hari. Air di saluran irigasi samping Pura Subak itu sempat membuat senderan setempat ambruk sebulan lalu. Di saluran ini air meluap ke jalan raya. Kondisi itu pun membuat jalan raya ikut tergerus sehingga hanya tersisa setengah badan jalan.

“Kalau kendaraan roda dua masih bisa melintas. Tapi mobil terpaksa pakai jalan kecil dan tidak bisa papas an. Mobil bisa melintas lewat jalan menuju air terjun tembus ke Dusun Pendem, Desa Bebetin, Kecamatan Sawan,” ujar dia. Namun Camat Suradnyana tak merekomendasi bagi pengendara yang pertama kali menempus akses jalan alternatif itu. Karena medannya juga cukup terjal.

Bencana alam yang menggerus jalan raya itu juga telah dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng. Pemerintah desa dan warga setempat pun masih menunggu konfirmasi dan langkah penanganan dari Pemkab Buleleng. Warga desa berharap dampak bencana ini segera mendapat penanganan. Karena jalan ambles itu merupakan akses jalan utama yang juga dilalui warga Desa Lemukih dan Galungan di Kecamatan Sawan  menuju daerah bawah hingga Kota Singaraja.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng Ida Bagus Suadnyana, dihubungi terpisah,  mengatakan sedang rapat bersam Sekda Buleleng. Dia mengatakan, BPBD sudah menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk melakukan pemeriksaan lokasi sore itu. “Ampura (maaf), saya sedang bersama Pak Sekda. Kami sedang upayakan cari jalan keluar agar jalan ini segera bisa diperbaiki,” ucapnya saat dihubungi via telepon, Selasa (17/3) malam.*k23

loading...

Komentar