nusabali

Jelang Nyepi, Pelabuhan Gilimanuk Ditutup Pukul 05.00 Wita

  • www.nusabali.com-jelang-nyepi-pelabuhan-gilimanuk-ditutup-pukul-0500-wita

NEGARA, NusaBali
Penyeberangan lintas Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk akan ditutup pada Rabu (25/3) pukul 06.00 Wita hingga Kamis (26/3) pukul 06.00 Wita, serangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942.

Sesuai dengan keputusan pihak ASDP, untuk penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang akan ditutup Selasa (24/3) pukul 23.00 WIB atau pukul 24.00 Wita. Sedangkan di Pelabuhan Gilimanuk akan ditutup pada Rabu (25/3) pukul 05.00 Wita.

Manajer Usaha Pelabuhan Gilimanuk Agus Supriyatno, mengatakan jadwal penutupan sementara Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk jelang Nyepi, hampir sama seperti tahun lalu. Khusus untuk penutupan di Pelabuhan Ketapang akan dilakukan lebih awal. Tujuannya, mengantisipasi ada penumpang yang terjebak Nyepi di Bali. “Yang di Ketapang operasional kapal sudah dihentikan Selasa (24/3) pukul 23.00 WIB. Sedangkan operasional kapal terakhir di Pelabuhan Gilimanuk, Rabu (25/3) pukul 05.00 Wita,” ujarnya, Selasa (17/3).

Lantaran jadwal penutupan di Pelabuhan Gilimanuk pukul 05.00 Wita atau 1 jam sebelum Nyepi, Agus mengharapkan agar penumpang mengatur waktu. Paling tidak, penumpang yang hendak menyeberang ke Jawa, melakukan perjalanan lebih awal. Hal itu karena pada H-1 sebelum Nyepi, biasanya digelar pengarakan ogoh-ogoh yang bisa menghambat perjalanan. “Risikonya, kalau datangnya juga mepet, pukul 05.00 Wita itu sudah jadwal pemberangkatan kapal yang terakhir dari Gilimanuk,” ucap Agus.

Dari pengalaman sebelum-sebelumnya, sambung Agus, penumpang yang hendak menyeberang ke Jawa, biasanya sudah berpikir menghindari jadwal kekroditan lalulintas pada H-1 Nyepi. Meski demikian, akan disediakan maksimal operasi kapal dengan menyiapkan 32 KMP saat H-1 Nyepi nanti. “Antisipasi tetap. Tetapi kami juga tidak berharap ada yang sampai terlambat. Yang jelas nanti kalau sudah pukul 05.00 Wita, staf ataupun kapal-kapal sudah tidak ada lagi di Gilimanuk. Nanti semua kapal-kapal istirahat di Ketapang,” katanya.

Sementara untuk jadwal pengoperasi kembali penyeberangan setelah Nyepi, kata Agus, akan dimulai di Pelabuhan Ketapang. Kapal pertama dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk, dijawalkan berangkat pada Kamis (26/3) pukul 04.00 WIB atau pukul 05.00 Wita. Kalaupun sudah mendekati Pelabuhan Gilimanuk sebelum Nyepi berakhir, maka kapal tetap diminta menunggu. “Jadwal sandarnya nanti menunggu usai Nyepi, Kamis (26/3) pukul 06.00 Wita. Setelah itu, penyeberangan dari Pelabuhan Gilimanuk sudah kembali dibuka,” tutur Agus. *ode

Komentar