nusabali

Diskes Pantau Dua Pekerja Kapal Pesiar

  • www.nusabali.com-diskes-pantau-dua-pekerja-kapal-pesiar

Jika selama 14 hari mengalami pilek dan batuk, maka petugas surveilan mengambil tindakan sesuai prosedur.

BANGLI, NusaBali

Dinas Kesehatan (Diskes) Bangli memantau dua pekerja kapal pesiar asal Kecamatan Kintamani. Keduanya sempat menjalani observasi selama 14 hari di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta. Observasi dilakukan untuk memastikan mereka tidak terpapar virus Covid-19 (Corona). Keduanya yang dinyatakan negatif Corona dalam kondisi sehat, sudah kembali ke rumah masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Bangli, dr Nengah Nadi, mengakui sedang melakukan pemantauan terhadap dua orang warga Bangli. Menurut dr Nengah Nadi, Dinas Kesehatan Bangli mendapat pemberitahuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali terkait dua warga Bangli asal Kecamatan Kintamani yang sempat menjalani observasi di Pulau Sebaru selama 14 hari. “Kondisi kedua warga Bangli itu dinyatakan dalam kondisi sehat,” ungkap dr Nengah Nadi, Senin (16/3).

Dinas Kesehatan Bangli melakukan pemantauan terhadap dua pekerja kapal pesiar itu melalui petugas surveilan. “Keduanya kini tinggal di rumahnya masing-masing untuk pemantauan petugas surveilan,” terangnya. Jika seandainya dalam pemantauan selama 14 hari yang bersangkutan mengalami pilek dan batuk, maka petugas surveilan nantinya akan mengambil tindakan sesuai prosedur. “Jika dalam masa pemantuan selama 14 hari kondisi yang bersangkutan tidak ada keluhan, berarti aman.

Dijelaskan, berdasarkan terori masa inkubasi virus Corona selama 7 hari, apalagi sebelumnya yang bersangkutan sudah sempat menjalani observasi selama 14 hari di Pulau Sebaru. dr Nengah Nadi memastikan kedua warga ini dalam kondisi baik. Terkait isu Corona, sejumlah kegiatan di Dinas Kesehatan ditunda. Kegiatan yang ditunda yakni sosialiasi dan posyandu. “Kebijakan ini adalah upaya pencegahan peyebaran virus Corona. Mengacu Surat Edaran Gubernur terkait pembatasan kegiatan yang melibatkan banyak orang," imbuhnya. *esa

Komentar