nusabali

Penundaan Liga 1 Pas Jadwal Kosong

PSM Hormati Keputusan, Persija Liburkan Pemain (sub judul)

  • www.nusabali.com-penundaan-liga-1-pas-jadwal-kosong

JAKARTA, NusaBali
Liga 1 2020 resmi dihentikan selama dua pekan mulai Senin (16/3). Keputusan itu disepakati Menpora Zainudin Amali, PSSI, dan PT LIB pada Sabtu (14/3).

Kompetisi Liga 1 akan dimulai lagi pada awal April atau tergantung kondisi ke depannya. Penghentian sementara itu imbas penyebaran virus corona yang kian masif di Indonesia. Hingga Minggu (15/3), tercatat 96 orang terjangkit COVID-19 dan menelan lima korban jiwa.

Jika melihat jadwal yang dirilis PT LIB, sebenarnya Kompetisi Liga 1 rehat mulai 16 Maret hingga awal April. Kebetulan periode itu awalnya jeda internasional pada 23-31 Maret.

Pada akhirnya jeda internasional pada periode ini juga ditunda AFC. Timnas Indonesia pun terdampak dan gagal bertanding pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia kontra Thailand dan Uni Emirat Arab.

Jadi, PT LIB sempat punya rencana memajukan Liga 1 pada jeda internasional. Rencana awalnya periode itu akan diisi pekan ke-12 Liga 1 pada 20-23 Maret. Lalu 27-30 Maret diisi pekan ke-13. Pekan ke-14 hingga pekan ke-30 juga sempat direncanakan perombakan.

Namun situasi saat ini tak memungkinkan sehingga rencana itu batal. Kemungkinan kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia ini akan tetap berjalan sesuai jadwal awal.

"Semua kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ditunda mulai Senin selama dua pekan sekaligus sambil melihat perkembangan berikutnya. Jadi nggak ada lagi yang dimajukan," kata Direktur Operasional PT LIB, Sujarno, kepada detikSport, Minggu (15/3).

Sementara itu, pihak PSM Makassar menghormati penghentian Kompetisi Liga 1. Pelatih PSM Bojan Hodak mengaku akan mengikuti instruksi pemerintah. Sebab, keputusan itu terbaik untuk semua.

"Kalau negara bilang stop (Liga 1) kita stop, kalau negara bilang main tanpa penonton kita ikuti, karena mereka lebih tahu apa yang terbaik untuk negara ini," jelas Hodak.

Sedangkan klub Liga 1, Persija Jakarta meliburkan seluruh agenda tim selama sepekan ke depan. Para pemain diminta untuk beristirahat di rumah.

Manajer tim Bambang Pamungkas mengatakan, setelah tim kembali memulai segala aktivitas, seluruh pemain dan official akan mengikuti sejumlah tes virus korona. Selain itu Persija juga akan memberlakukan latihan tertutup.

Sedangkan Persikabo memeriksa kesehatan penonton secara ketat saat menjamu Persita Tangerang, Minggu (15/3) malam. Penonton tetap bisa menyaksikan laga secara langsung. Namun Panitia Pelaksana (Panpel) Tira Persikabo menyiapkan berbagai tahapan sebelum penonton bisa masuk stadion. *

Komentar