nusabali

Karangasem Tetap Mengarak Ogoh-ogoh

  • www.nusabali.com-karangasem-tetap-mengarak-ogoh-ogoh

AMLAPURA, NusaBali
Sekaa teruna di Karangasem tetap mengarak ogoh-ogoh saat Pengrupukan, H-1 Nyepi pada Anggara Wage Pahang, Selasa (24/3).


Apalagi mereka sudah telanjur buat dan ogoh-ogoh hampir rampung. Tidak ada imbauan ataupun surat edaran dari pemerintah mengenai pelaksanaan pawai ogoh-ogoh. Salah satunya di Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem. Bahkan Kapolres Karangasem menggelar lomba ogoh-ogoh se-Kelurahan Karangasem.

Lurah Subagan, Ida Mangku Ketut Putra, mengatakan sekaa teruna tetap mengarak ogoh-ogoh. Sampai saat ini sudah ada 13 sekaa teruna daftar ikut mengarak ogoh-ogoh. “Bukan pawai ogoh-ogoh. Pawai itu dilombakan, tetapi kami mengarak ogoh-ogoh,” ungkap Ida Mangku Ketut Putra, Minggu (15/3). Sementara Kapolres Karangasem, AKBP Ni Nyoman Suartini, yang menggelar lomba ogoh-ogoh se-Kelurahan Karangasem siap mengamankan lomba. Tujuannya ogoh-ogoh yang diusung warga tidak berbenturan dengan ogoh-ogoh lain.

AKBP Ni Nyoman Suartini mengimbau warga agar sebelum mengusung ogoh-ogoh tidak menenggak minuman beralkohol. Jarak peserta ogoh-ogoh juga diatur untuk menghindari gesekan. “Kami siap mengamankan arak-arakan ogoh-ogoh di malam Pengrupukan. Kapolsek se-Karangasem juga telah siap mengamankan wilayah hukumnya masing-masing,” jelas AKBP Ni Nyoman Suartini. Terpisah, Camat Rendang I Wayan Mastra juga mengatakan tetap menggelar arak-arakan ogoh-ogoh. “Ogoh-ogoh terlanjur dibuat. Belum ada surat edaran atau imbauan khusus Pengrupukan,” jelas Camat Wayan Mastra. *k16

Komentar