nusabali

Sebagian Besar Kampus Lakukan Kuliah Online

Dampak Merebaknya Pandemi Virus Corona

  • www.nusabali.com-sebagian-besar-kampus-lakukan-kuliah-online

JAKARTA, NusaBali
Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof Nizam, mengatakan sebagian besar kampus di Tanah Air mengubah metode pembelajarannya menjadi pembelajaran daring (online) seiring merebaknya pandemi virus corona atau Covid-19.

"Kampus yang melakukan pembelajaran daring semakin banyak, namun belum semuanya terpantau," ujar Nizam di Jakarta, Minggu (15/3). Menurut dia, yang paling ditekankan selama pembelajaran daring dilakukan, mahasiswa harus menjaga diri untuk tidak bepergian atau berkumpul di tempat-tempat yang berisiko tinggi.

"Kampus dan civitas akademinya dimohon untuk bisa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan menjadi duta PHBS di lingkungannya," kata Nizam. Untuk kegiatan wisuda yang dihadiri orang banyak ditunda sampai pandemi virus Covid-19 itu reda.

Sedangkan untuk ijazah bisa diberikan, sehingga tidak mengganggu bagi yang mau mencari pekerjaan atau melanjutkan kuliah. Nizam menambahkan Kemendikbud telah mengeluarkan surat edaran mengenai penanganan Covid-19 di lingkungan sekolah. Meski demikian, pihaknya menghargai dan mendukung keputusan para rektor yang mengalihkan pembelajaran daring dari rumah untuk menghindari penyebaran Covid-19. "Keselamatan dan kesehatan mahasiswa dan warga kampus harus diutamakan. Dengan memanfaatkan teknologi diharapkan pembelajaran tetap dapat berjalan," harap Nizam.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memerintahkan para kepala daerah membuat kebijakan supaya pelajar sekolah dan mahasiswa tidak ke gedung sekolah atau kampus selama masa COVID-19 ini. Dengan demikian, kegiatan belajar-mengajar di gedung sekolah dan kampus perguruan tinggi ditiadakan sementara.

"Membuat kebijakan tentang proses belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa," kata Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, disiarkan langsung lewat akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, Minggu kemarin. Guna merespons merebaknya virus Corona ini, Jokowi mengulas kebijakan-kebijakan di dunia. Sebagian negara melakukan lockdown, tapi sebagian lainnya tidak. Namun, Jokowi tidak me-lockdown negaranya, setidaknya lewat pengumumannya yang terbaru ini. *ant

loading...

Komentar