nusabali

Tanah Longsor Sempat Tutup Badan Jalan di Sembung

  • www.nusabali.com-tanah-longsor-sempat-tutup-badan-jalan-di-sembung

MANGUPURA, NusaBali
Bencana tanah longsor sempat menutup badan jalan di Jalan Yudistira Banjar Karanjung, Desa Sembung, Kecamatan Mengwi, Badung, Sabtu (14/3).

Akibatnya akses jalan warga sempat terganggu.  Bencana tanah longsor terjadi sekitar pukul 04.00 Wita. Tidak ada korban jiwa maupun luka pada peristiwa tersebut, karena ketika bencana terjadi jalanan di lokasi kejadian sepi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung langsung mengerahkan tim ke lokasi untuk melalukan penanganan. Tim dari BPBD dibantu oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung serta perangkat desa setempat.

“Tanah longsor panjangnya sekitar 3 meter dan lebar 4 meter. Penyebab langsor akibat cuaca ekstrem yakni hujan angin di daerah tersebut,” ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Badung dr Ni Nyoman Ermy Setiari.

Menurut Ermy Setiari, mengingat proses pembersihan material longsor yang menutup badan jalan dilakukan secara manual, sehingga membutuhkan waktu yang lumayan lama. “Pembersihan perlu waktu 3 jam 20 menit. Karena tim juga sekaligus memotong pohon kutat dan bambu yang terseret tanah yang longsor,” katanya.

Di tempat terpisah, sebatang pohon kelapa tumbang di Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (14/3) sekitar pukul 02.00 Wita. Pohon kelapa dengan diameter 40 centimeter panjang 15 meter yang tumbang karena hujan deras disertai angin, juga sempat menutup akses jalan di wilayah setempat. Pohon tumbang tersebut sudah berhasil ditangani oleh tim dari BPBD Badung. Tak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa tersebut. *asa

loading...

Komentar