nusabali

AHY Dijagokan, Pemilik Suara Dikondisikan Pra Kongres

  • www.nusabali.com-ahy-dijagokan-pemilik-suara-dikondisikan-pra-kongres

DENPASAR, NusaBali
Kongres V Partai Demokrat yang agendanya memilih Ketua Umum DPP Demokrat periode 2020-2025 memang memunculkan sejumlah kandidat, seperti kakak beradik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Eddy Baskoro Yudhoyono alias Ibas dan mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo.

Namun demikian AHY diprediksi paling berpeluang menyundul Ketua Umum DPP Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Informasi yang dihimpun NusaBali, Jumat (13/3) dukungan terhadap AHY maju ketua umum sudah dikondisikan di Pra Kongres. Wasekjen DPP Demokrat, Putu Supadma Rudana, dihubungi NusaBali, Jumat (13/3) siang mengatakan AHY paling dijagokan memimpin Demokrat karena aspirasi pemegang hak suara di provinsi dan kabupaten/kota. "Kalau dari peta yang berkembang saat ini  AHY diprediksi memimpin Partai Demokrat," ujar politisi asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.

Dari sisi kesiapan AHY memang sudah layak memimpin Demokrat. Selain itu peluang AHY karena DPP Demokrat terutama Ketua Umum SBY memang mendorong regenerasi di Demokrat. "AHY kan memang implementasi regenerasi di Demokrat. AHY figur muda yang disiapkan meregenerasi Ketua Umum SBY di tengah-tengah dikotomi dan fenomena parpol yang masih dikuasai bayang-bayang figur orang tua dan senior," ujar Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI ini.

Menurut Supadma Rudana, figur AHY memang sudah punya pengalaman di politik. Pernah sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta 2017, pemimpin Kogasma (Komandan Tugas Bersama) DPP Demokrat di Pileg 2019. Saat ini AHY menjabat Wakil Ketua Umum DPP Demokrat. "Dari sisi pengalaman dan kematangan di politik AHY sudah matang," tegas Ketua Karang Taruna Provinsi Bali ini.

Menurut Supadma Rudana, partai politik lainnya seperti PDIP dipimpin figur senior, Megawati Soekarnoputri, Gerindra juga dipimpin figur senior, Prabowo Subianto, NasDem dengan figur senior Surya Paloh. "Nah Partai Demokrat berani ambil keputusan mendorong anak-anak muda memimpin partai, yakni figur anak muda AHY. Kita pertama melakukan perubahan kepemimpinan ini dengan mendorong generasi milenial," ujar anggota Komisi VI DPR RI ini.

AHY menjadi Ketua Umum akan mengambil segmen pemilih milenial. Karena pada tahun 2024 pemilih milenial adalah pemilih cerdas yang jumlahnya mencapai 50 persen di Indonesia. "Milenial itu 50 persen di Indonesia. Kalau pemilih di Pileg 2024 nanti 150 juta orang ya 75 juta orang generasi milenial," tegas Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia ini.

Pemilihan Ketua Umum DPP Demokrat dipastikan akan dilaksanakan pada, Minggu (15/3) besok. Kata Supadma Rudana, saat ini AHY dipastikan sudah menguasai 90 persen pemilik suara DPD dan DPC. "Sepertinya aspirasi DPD dan DPC Demokrat akan diterima AHY," tegas pemilik Museum Rudana, Ubud, Gianyar ini. *nat

loading...

Komentar