nusabali

400 Tabung Gas Elpiji Terjual Dalam Sejam

Pasar Murah di Baturiti, Tabanan

  • www.nusabali.com-400-tabung-gas-elpiji-terjual-dalam-sejam

TABANAN, NusaBali
Mencegah melonjaknya bahan kebutuhan pokok jelang Hari Raya Nyepi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tabanan gelar pasar murah di Wantilan Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Kamis (12/3).

Barang-barang yang dijual di pasar murah, termasuk gas elpiji 3 kilogram, ludes terjual dalam waktu satu jam. Pasar murah dilaksanakan bekerjasama dengan instansi terkait mulai dari Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan, dan toko modern. Bahkan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Tabanan yang bekerjasama dengan Polres Tabanan juga ikut gabung menggelar pasar murah gas elpiji 3 kilogram.

Kasi Bina Usaha Disperindag Tabanan I Gusti Ngurah Ketut Wirawan, mengatakan pasar murah yang digelar di Kecamatan Baturiti melibatkan 10 instansi terkait termasuk Polres Tabanan. Pasar murah digelar untuk mencegah melonjaknya harga jelang Hari Raya Nyepi. “Digelar di Kecamatan Baturiti sesuai dengan arahan pimpinan. Sebelumnya saat Hari Raya Galungan dan Kuningan sudah digelar di Kecamatan Kediri, Tabanan, dan Penebel,” kata Ngurah Wirawan.

Menurut Ngurah Wirawan, masyarakat sangat antusias. Dalam waktu sejam saja sejumlah sembako seperti beras, minyak, telur, dan gula sudah habis terjual. Di pasar murah, gula pasir per kilogram dapat dibeli dengan harga Rp 12.500 sedangkan di pasar harganya bahkan mencapai Rp 19.000. Minyak goreng kemasan 2 liter dapat dibeli seharga Rp 18.000 sedangkan di pasar seharga Rp 23.000. Kemudian untuk telur ayam 1 krat dapat dibeli seharga Rp 38.000, sedangkan di pasar sampai Rp 48.000.

Ngurah Wirawan menjelaskan tak hanya sembako yang menjadi incaran masyarakat, gas elpiji 3 kilogram di pasar murah juga diburu. Sebab harga per tabung dijual dengan harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp 14.500. Sedangkan di pasar atau warung sampai Rp 18. 000 maupun Rp 20.000.

Ketua Hiswana Migas Tabanan Gusti Ngurah Siwa Genta, mengatakan pasar murah gas elpiji digelar untuk mengantisipasi minimnya distribusi gas elpiji 3 kilogram jelang Nyepi. Sebab jelang Nyepi kebutuhan pokok terkait sembako dan gas sangat rawan terjadi peningkatan harga. “Pasar murah digelar juga bekerjasama dengan Polres Tabanan,” imbuhnya.

Ngurah Siwa Genta menjelaskan, di pasar murah itu Hiswana Migas membawa 400 tabung gas elpiji dan seluruhnya terjual. Harganya sesuai HET yakni Rp 14.500 per tabung. Kalau di warung mencapai Rp 20.000. “Tapi kami batasi pembelian, satu orang hanya bisa beli 2 tabung,” tandasnya. *des

Komentar