nusabali

Atasi Banjir, Dinas PUPR Bangun Sodetan di Banjar Dajan Peken

  • www.nusabali.com-atasi-banjir-dinas-pupr-bangun-sodetan-di-banjar-dajan-peken

MANGUPURA, NusaBali
Dalam upaya mengatasi masalah banjir di Jalan Raya Mengwitani, Kecamatan Mengwi, khususnya di Banjar Dajan Peken, Desa Mengwitani, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung membangun proyek sodetan.

Pengerjaan proyek dimulai Kamis (12/3). Kepala Dinas PUPR Badung IB Surya Suamba, menjelaskan proyek sodetan ini termasuk prioritas yang digarap oleh PUPR. Pasalnya kawasan tersebut menjadi langganan banjir setiap musim hujan.

“Kalau musim hujan, kerap terjadi banjir yang airnya masuk ke sejumlah rumah di Banjar Dajan Peken, akibat limpahan air yang tidak mampu ditampung oleh drainase. Makanya salah satu solusi, harus dibuatkan sodetan ke arah timur menuju sungai,” tutur Surya Suamba.

Sebelum melaksanakan proyek, Dinas PUPR Badung telah meminta izin kepada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Surabaya melalui Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Provinsi Bali, karena jalan tersebut statusnya jalan nasional. “Satker sudah memberikan izin terkait pembangunan sodetan jalan tersebut, makanya tadi pagi (kemarin) mulai kami kerjakan,” kata Surya Suamba.

Mengenai anggaran pembangunan sodetan, birokrat asal Tabanan tersebut menyatakan sebesar Rp 100 juta. Anggaran tersebut termasuk untuk normalisasi drainase ke timur menuju sungai.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Banjar Dajan Peken, Desa Mengwitani, Nyoman Gede Wiratemaje, mengungkapkan terima kasih kepada Pemkab Badung yang telah merespons aspirasi masyarakat Mengwitani. “Hampir setiap musim penghujan rumah warga kami, termasuk rumah saya kebanjiran,” ucapnya.

Dia berharap, dengan selesainya nanti proyek ini tidak akan lagi terjadi banjir di wilayah tersebut. Dengan demikian, warga tidak lagi cemas saat datang musim penghujan. *asa

Komentar