nusabali

Asosiasi Pemain Tekan UEFA

Virus Corona Tunda Arsenal vs ManCity

  • www.nusabali.com-asosiasi-pemain-tekan-uefa

LONDON, NusaBali
Wabah virus corona benar-benar mengacaukan sepakbola di Eropa. Italia sudah menghentikan sementara aktivitas olahraga, termasuk Liga Italia Serie A.

Sedangkan LaLiga Spanyol digelar tanpa penonton. Namun di level Eropa, tim-tim Italia dan Spanyol masih harus bermain.  Ya, Italia mengalami pukulan telak virus corona, dan kini jadi negara terparah kedua setelah China. Di Italia ada sekitar 10 ribu kasus dengan 631 korban jiwa sejauh ini. Spanyol, Prancis, dan Jerman juga memberlakukan aturan pertandingan tertutup, setelah melaporkan lebih dari seribu kasus positif virus covid-19.

Asosiasi Pemain Profesional Italia dan Spanyol mendesak UEFA untuk menangguhkan pertandingan yang melibatkan tim-tim Italia dan Spanyol karena situasi tidak memungkinkan. UEFA diminta mengambil langkah yang sejalan dengan keputusan masing-masing liga dan pemerintahnya.

Jumat (13/3) dinihari nanti, AS Roma tandang ke Sevilla,dan Getafe ke markas Inter Milan pada Liga Europa. Sedangkan Napoli menghadapi Barcelona di Camp Nou pada leg kedua 16 besar Liga Champions.

"Ada hal-hal dalam hidup yang lebih penting daripada sepakbola, dan itu termasuk kesehatan. Keputusan sangat penting akan dibuat bukan hanya oleh liga-liga dan pemerintah, tapi seharusnya dibuat bersama UEFA," ungkap Pelatih Roma Paulo Fonseca kepada EFE dikutip Football Italia.

Klub Spanyol Getafe menolak terbang ke Italia untuk bertanding melawan Inter. Mereka meminta opsi-opsi ke UEFA. Presiden Getafe Angel Torres juga meminta bantuan dari Asosiasi Sepakbola Spanyol.

Sedangkan di Premier League untuk pertama kali wabah virus corona membuat pertandingan ditunda, yakni antara Manchester City vs Arsenal, Kamis (12/3) dinihari Wita. Statusnya partai tunda, sebab jadwal asli pada 1 Maret lalu berbenturan dengan final Piala Liga Inggris, dimana Man City menjadi juara usai mengalahkan Aston Villa.

Penundaan itu karena sejumlah pemain Arsenal mengalami risiko tertular virus corona, setelah bertemu pemilik Olympiakos dan Nottingham Forest, Evangelos Marinakis, yang dikonfirmasi terinfeksi virus corona.

Arsenal belum lama ini disingkirkan Olympiakos di Liga Europa, pada 28 Februari. Usai laga yang tuntas 1-2 untuk kemenangan Olympiakos itu, beberapa pemain The Gunners bertemu dengan Marinakis.

Pertemuan itu mengharuskan para pemain dan empat staf mengikuti protokol karantina selama 14 hari. Mereka tak boleh keluar rumah, yang otomatis tak bisa tampil lawan Man City.

Selain bos Forest, petinggi klub Milwall harus diisolasi untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Pasalnya Milwall bertanding lawan Nottingham Forest pekan lalu. Laga itu dihadiri beberapa petinggi kedua klub. Salah satunya CEO Milwall, Steve Kavanagh yang duduk berdampingan dengan bos Forest Marinakis. *

Komentar