nusabali

Gde Agung Kenalkan Wawasan Kebangsaan kepada Murid TK

  • www.nusabali.com-gde-agung-kenalkan-wawasan-kebangsaan-kepada-murid-tk

MANGUPURA, NusaBali
Anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Bali AA Gde Agung mendorong pemerintah mengembangkan TK bernuansa Hindu, khususnya di Kabupaten Badung.

Hal ini agar anak-anak sejak usia dini sudah mengenal tentang adat, agama, dan budaya. “Di TK bernuansa Hindu selain mendidik anak sebagaimana TK lainnya, juga mengenalkan kepada anak-anak didiknya adat, agama, dan budaya. Diajarkan juga menari dan baleganjur. Jadi, sekaligus untuk menanamkan cinta kebudayaan Indonesia,” kata Gde Agung yang juga Panglingir Puri Ageng Mengwi saat berkunjung ke TK Widhya Brata Mengwi, Rabu (11/3).

Ke depan, Bupati Badung dua periode 2005–2015 ini berharap pemerintah terus mengembangkan TK bernuansa Hindu. “Dari sejak saya sebagai Bupati Badung TK bernuansa Hindu sudah dikembangkan, dan sampai kini terus dikembangkan. Semoga berkelanjutan,” harapnya.

Di TK Widya Brata Mengwi, Gde Agung sempat berinteraksi dengan 97 anak-anak didik. Gde Agung mengenalkan bendera merah putih dan lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yakni Burung Garuda. Menurutnya, penting anak usia dini mengetahui tentang NKRI dan lambang negara, supaya tumbuh rasa cinta kepada negara.

“Mengenalkan bendera merah putih dan lambang negara kepada anak usia dini adalah salah satu cara menanamkan nasionalisme. Tentu harapannya anak-anak kita kelak menjadi generasi yang memiliki wawasan kebangsaan, berkarakter, dan berkepribadian yang baik,” kata Gde Agung.

Gde Agung juga mengajak anak-anak menjaga kerapian dan hidup bersih serta cinta lingkungan. Gde Agung pun membagikan tumbler (tempat air minum) dan ransel secara gratis. “Tumbler ini untuk mengajarkan anak-anak agar mengurangi penggunaan botol plastik,” tandasnya.

Hadir mendampingi Gde Agung adalah Bendesa Adat Mengwi Anak Agung Gede Gelgel, Ketua Yayasan Widya Brata Dr I Wayan Terimajaya, Kepala TK Ni Made Julianti, serta para orang tua.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung I Ketut Widia Astika, memberikan apresiasi dan sependapat jika TK bernuansa Hindu terus dikembangkan. “Saya sepakat dengan beliau, kita mendorong pelestarian nilai-nilai seni, budaya, dan agama, khususnya di Bali dengan membuka sekolah bernuansa Hindu. Untuk di Badung kita punya sekarang 18 TK bernuansa Hindu, masing-masing kecamatan ada 3,” paparnya.

Berdasarkan data dari Disdikpora Badung, 18 TK bernuansa Hindu adalah TK Hindu Dharma Sastra, TK Prawidia Dharma Kumara Mambal, TK Budhi Kurama, TK Pradnyandari III, TK Karang Kemanisan, TK Tri Eka Dharma Loka, TK Kumara Ngurah Rai, TK Werdi Kumara, TK Widya Kumara I, TK Dharma Kumara I, TK Dharma Putra, PAUD Widya Kumara, TK Kartika Yasa IV, TK Sri Kandi, TK Widhya Brata Mengwi, TK Kartini Tuban, dan TK Kumara Sari IV. *asa

Komentar