nusabali

Fenomena Halo Matahari Tak Berdampak Peristiwa Lain

  • www.nusabali.com-fenomena-halo-matahari-tak-berdampak-peristiwa-lain

MANGUPURA, NusaBali
Fenomena halo matahari yang terjadi di Pulau Dewata pada Selasa (10/3) siang menjadi daya tarik tersendiri.

Pasalnya, matahari tampak dikelilingi oleh lingkaran bulat dan mengeluarkan warna. Meski hanya terjadi beberapa jam, fenomena ini banyak yang mengaitkan dengan akan adanya kejadian yang membahayakan dalam waktu dekat. Namun, hal itu langsung dibantah oleh pihak Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar.

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar Iman Fatchurochman menerangkan fenomena halo matahari terjadi pada Selasa sekitar pukul 11.30 Wita tersebut merupakan hal yang bisa, dan tidak ada pertanda apa pun serta tidak membahayakan bagi manusia. Fenomena itu merupakan fenomena optis karena adanya pembiasan atau perpendaran sinar mahatari oleh awan cirrus (awan tinggi) yang mengandung sedikit uap air dan butiran debu es. “Fenomena itu biasa, tidak ada hubungannya dengan kejadian lain dan tidak berpengaruh terhadap masyarakat,” kata Iman, Selasa (10/3) sore.

Masih menurut Iman, halo merupakan fenomena biasa yang merupakan fenomena optis yang keluar lingkaran cahaya baik di sekitar matahari maupun bulan. Cahaya matahari direfleksikan dan dibiaskan oleh permukaan es yang berbentuk batang atau prisma sehingga sinar matahari menjadi terpecah ke dalam beberapa warna karena efek dispersi udara dan dipantulkan ke arah tertentu, sama seperti pada pelangi. “Ini hal biasa dan normal,” imbuh Iman.

Disinggung apa ada efek terhadap alam, Iman mengakui halo matahari ini tidak ada efeknya dan tidak menandakan akan terjadi fenomena lain. Sementara durasi waktunya juga tergantung dari keberadaan adanya butiran es di atmosfer. Fenomena ini juga bisa terjadi tergantung kondisi cuaca. Namun umumnya terjadi saat cuaca cerah.

Untuk diketahui, fenomena halo matahari ini terjadi dari pukul 11.30 Wita dan durasinya berlangsung cukup lama. Hingga pukul 14.00 Wita masih menunjukkan lingkaran cahaya di sekitar matahari. *dar

Komentar