nusabali

Wabup Suiasa Buka Sosialisasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-buka-sosialisasi-kependudukan-dan-pencatatan-sipil

MANGUPURA, NusaBali
Dalam rangka mempercepat kepemilikan dan pencatatan sipil bagi penduduk Kabupaten Badung, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Badung menyelenggarakan sosialisasi kependudukan dan pencatatan sipil serta sosialisasi pindah datang bagi penduduk WNI/WNA 2020, Selasa (10/3), di Ruang Kerta Gosana Puspem Badung.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Sesditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Dr Ir I Gede Suratha, MMA, Kasubdit Pindah Datang Penduduk Dit. Pendaftaran Penduduk Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Dra Ni Luh Mertasih MSi, sekaligus sebagai narasumber, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan Pencatatan Sipil dan KB Provinsi Bali yang diwakili oleh Kabid Fasilitasi Adminduk Provinsi Bali, kepala OPD Pemkab Badung, para camat beserta operator SIAK kecamatan se-Kabupaten Badung, perbekel dan lurah serta kaling dan kelian dinas se-Badung, dan operator pada Dispendukcapil Badung.

Wabup Suiasa mengatakan dengan digulirkan inovasi pelayanan semacam ini, diharapkan bisa memudahkan masyarakat Kabupaten Badung, karena administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dapat diperoleh dengan mudah, cepat, dan tanpa dikenakan biaya (gratis).

“Di era globalisasi serta kemajuan teknologi seperti sekarang ini, pemda dituntut bergerak cepat, tepat, dan tuntas khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu inovasi adalah kunci kemandirian suatu daerah, karena dengan adanya sebuah inovasi akan memberikan nilai tambah (added value) terhadap program dan kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya,” katanya.

Wabup Suiasa berharap kepada seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkab Badung, untuk membuat program/kegiatan serta inovasi-inovasi yang pro masyarakat. Sebab, hal ini sejalan dengan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana yang dilaksanakan oleh Pemkab Badung. “Dengan demikian, pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya, dengan memberikan prioritas pada upaya kepuasan publik,” tandasnya.

Kepala Dispendukcapil Badung AA Ngurah Arimbawa melaporkan maksud dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatan kinerja ASN dalam memberikan pelayanan yang terbaik serta memuaskan masyarakat khususnya dalam hal sosialisasi Perpres Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Badung.

“Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, serta pindah datang penduduk WNI/WNA bagi pencatat terdepan yaitu pencatat di kecamatan, perbekel/lurah, serta kaling dan kelian dinas,” ujarnya. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) yang dicanangkan pemerintah. *asa

Komentar