nusabali

Got Tersumbat, Air Meluap di Depan SMPN 1 Amlapura

  • www.nusabali.com-got-tersumbat-air-meluap-di-depan-smpn-1-amlapura

AMLAPURA, NusaBali
Got di utara SMPN 1 Amlapura tersumbat sampah. Imbasnya, air hujan meluap ke Jalan Ngurah Rai tepatnya di depan SMPN 1 Amlapura, Senin (9/3).

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri langsung turun ke jalan untuk bersihkan got tersumbat sampah. Turut serta Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa dan Kabag Humas dan Protokol Setda Karangasem Eddy Setiadi Dwijantoro.

Hujan lebat turun sejak pukul 11.00 Wita. Air di pertigaan Jalan Kartini, Jalan Ngurah Rai, dan Jalan Serma Natih meluap, terutama di utara SMPN 1 Amlapura. Sumber air awalnya dari saluran irigasi utara SMPN 1 Amlapura tidak mampu masuk got karena tersumbat sampah. “Sampah yang hanyut di selokan utara SMPN 1 Amlapura membuat saluran got di Jalan Ngurah Rai tersumbat. Saya minta saluran got dibetulkan agar air tidak lagi meluap saat hujan,” pinta Bupati Mas Sumatri.

Bupati Mas Sumatri mengingatkan Kalak BPBD Ida Ketut Arimbawa agar lebih sering mengontrol saluran irigasi di saat musim hujan. Termasuk mengedukasi masyarakat agar menghentikan kebiasaan membuang sampah ke selokan. “Selokan, got atau saluran irigasi bukan tempat membuang sampah. Sampah mesti dibuang di tong sampah, selanjutnya diangkut petugas dibawa ke TPA,” tegas Bupati Mas Sumatri.

Kalak BPBD Ida Ketut Arimbawa mengapresiasi kepedulian Bupati Mas Sumatri terjun meninjau melubernya air dari saluran irigasi ke jalan raya.  BPBD akan jalankan perintah mengedukasi masyarakat agar menghentikan kebiasaan membuang sampah ke selokan. “Kuncinya ada pada masyarakat agar membuang sampah di tong sampah yang tersedia. Turut menjaga lingkungan agar tidak banjir di setiap hujan turun,” ungkap Ida Ketut Arimbawa. Syukurnya secara geografis, kondisi jalan raya di kota Amlapura miring ke selatan. Sehingga air yang datang dari utara langsung mengalir ke sungai dan terbuang ke laut, tidak tergenang lama di jalan raya. *k16

loading...

Komentar