nusabali

Dispar Imbau Turis Berhati-hati Berwisata di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-dispar-imbau-turis-berhati-hati-berwisata-di-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali
Kecelakaan laut saat wisatawan berkunjung ke Nusa Penida, Klungkung, masih terjadi.

Setidaknya dalam kurun dua minggu terjadi empat kasus. Semua korbannya merupakan wisatawan asing. Diawali musibah menimpa seorang WNA asal Rusia, Aleksander Che,40, terseret ikan dan hilang tenggelam saat menembak ikan di Perairan Batu Abah, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Senin (24/2) siang. Hingga saat ini keberadaan korban belum ditemukan alias masih misterius.

Selanjutnya, seorang wisatawan asal Malaysia, Tan Beng Siew,50, tewas saat wisata air di Water Sport Caspla, Banjar Buyuk, Desa Kutampi, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Kamis (27/2) pagi. Perempuan berusia 50 tahun ini meregang nyawa setelah terjatuh saat naik wahana banana boat.

Kemudian wisatawan Jepang, Kiyohara Kazuki, 22, tenggelam saat berenang di Pantai Atuh, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (4/3) siang.

Teranyar, sorang wisatawan asal Ukraina, Valeriia Kozyr,35, terjatuh saat berdiri pada bebatuan pesisir Pantai Kelingking, Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Sabtu (7/3) siang. Karena tidak bisa berenang korban pun sempat digulung ombak, akhirnya tak lama kemudian teman-teman korban berhasil menyelamatkan korban.

Menyikapi masalah tersebut, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Klungkung I Nengah Sukasta mengimbau kepada wisatawan untuk menjaga keselamatannya terutama saat berada di objek wisata di Nusa Penida. Dengan kondisi geografis seperti itu dan gelombang sulit ditebak. "Kami imbau untuk berhati-hati, bagi wisatawan yang dihandle oleh guide, agar guidenya turut mengawasi," kata Sukasta.

Kata dia, sebenarnya imbauan ini sudah sering dilakukan dan di areal objek wisata sudah dipasang papan peringatan untuk berhati-hati. "Kami tidak akan pernah bosan untuk mengingatkan imbauan ini," ujarnya.*wan

loading...

Komentar