nusabali

Lagi, Wisatawan Jatuh di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-lagi-wisatawan-jatuh-di-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali
Seorang wisatawan asal Ukraina, Valeriia Kozyr, 35, terjatuh saat berdiri pada bebatuan pesisir Pantai Kelingking, Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Sabtu (7/3) siang.

Korban sempat digulung ombak, namun tak lama kemudian teman-teman korban berhasil menyelamatkannya. Kendati berhasil diselamatkan, korban mengalami cedera pada kedua kakinya akibat terbentur bebatuan saat jatuh ke laut. Setelah itu korban langsung dievakuasi menggunakan boat menuju pelabuhan di Kampung Toya Pakeh, Nusa Penida, kemudian korban dilarikan menggunakan ambulans ke Klinik Nusa Medical (Kecamatan Nusa Penida).

Informasi yang dihimpun, kejadian ini bermula saat korban bersama teman-temannya berwisata di Pantai Kelingking, sekitar pukul 11.00 Wita. Namun saat korban berdiri di bebatuan pesisir pantai, tiba-tiba korban kehilangan keseimbangan dan jatuh. Korban berusaha menuju pesisir pantai, namun karena digulung ombak korban tidak mampu berenang.

Melihat kejadian itu teman-teman korban langsung turun menyelamatkan korban, selanjutnya korban dibawa ke pesisir pantai. Namun ketika itu korban mengeluhkan sakit pada bagian kaki, sehingga untuk evakuasi warga sekitar menghubungi Polsek Nusa Penida dan Tim SAR.

Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada, mengatakan Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima informasi kejadian tersebut sekitar pukul 13.10 Wita dari koordinator Pos Unit Siaga SAR Nusa Penida. “Laporan segera kami respons dengan menggerakkan 4 personel menuju Pantai Kelingking menggunakan speedboat,” ujar Darmada.

Di saat bersamaan tim terus berkoordinasi dengan Polsek, Balawista Nusa Penida, dan Bhabinkamtibmas Desa Bungamekar. “Akses daratnya untuk naik ke atas tebing sempit dan berisiko, maka diputuskan proses evakuasi melalui laut,” ungkap Darmada.

Speedboat Ocean Drive juga menuju lokasi dan membawa tenaga medis. Setibanya di tempat tersebut, korban mendapatkan pertolongan pertama oleh tim medis. Darmada mengatakan bahwa korban ditangani terlebih dahulu sebelum dievakuasi. “Kaki yang cedera dibidai terlebih dahulu guna mengurangi pergerakan pada bagian tersebut, menjaga cederanya tidak bertambah parah,” tuturnya.

Akhirnya pada sekitar pukul 14.50 Wita korban berhasil dievakuasi, selanjutnya dibawa menuju Dermaga Toya Pakeh dengan menggunakan speedboat Ocean Drive. Penanganan medis lebih lanjut dilakukan di Klinik Nusa Medical Center.

Sekadar diketahui, dalam rentang 12 hari sudah terjadi 4 kasus wisatawan mengalami musibah di Nusa Penida. Sebelumnya seorang WNA asal Rusia, Aleksander Che, 40, terseret ikan dan hilang tenggelam saat menembak ikan di Perairan Batu Abah, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Senin (24/2) siang. Hingga saat ini keberadaan korban belum ditemukan alias masih misterius.

Selanjutnya, seorang wisatawan asal Malaysia, Tan Beng Siew, 50, tewas saat wisata air di Watersport Caspla, Banjar Buyuk, Desa Kutampi, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Kamis (27/2) pagi. Perempuan berusia 50 tahun ini meregang nyawa setelah terjatuh saat naik wahana banana boat. Kemudian wisatawan Jepang, Kiyohara Kazuki, 22, tewas berenang di Pantai Atuh, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (4/3) siang. *wan

loading...

Komentar