nusabali

Gelar Musda XV, BPD Hipmi Bali Buka Pendaftaran Calon Ketua

  • www.nusabali.com-gelar-musda-xv-bpd-hipmi-bali-buka-pendaftaran-calon-ketua

DENPASAR, NusaBali
Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Provinsi Bali akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) XV untuk mencari Ketua Umum yang baru menggantikan Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra SpKK yang saat ini sudah ditugaskan sebagai pengurus DPP Hipmi Pusat. Musda rencananya akan digelar pada 17 April 2020.

Saat ini panitia masih dalam proses pendaftaran calon ketua umum yang akan dilakukan hingga pertengahan Maret 2020 di Gedung Dharma Negara Alaya, Denpasar.  Steering Committee Musda XV BPD Hipmi Bali, Putu Yuliartha saat dihubungi, Jumat (6/3) menjelaskan, proses Musda XV ini digelar untuk mencari ketua umum pengganti Darmaputra, karena dia sudah masuk dalam daftar kepengurusan Hipmi pusat dan tidak diperbolehkan merangkap jabatan. Rangkaian Musda saat ini memasuki masa pendaftaran calon Ketua Umum BPD Hipmi Bali yang dibuka mulai Jumat (6/3) hingga pertengahan Maret 2020 mendatang.

Setelah itu baru akan dilakukan verifikasi persyaratan pendaftaran dan penetapan calon Ketua Umum BPD Hipmi Bali sebelum masuk dalam proses Musda 17 April 2020 mendatang. Dari kesepakatan, masing-masing bakal calon ketua umum diwajibkan membawa rekomendasi minimal dari 2 Badan Pengurus Cabang (BPC).

"Karena salah satu persyaratan masing-masing BPC mendapatkan hak suara tergantung dari beberapa faktor. Ada faktor jumlah anggota berdasarkan jumlah penduduk, persentasenya 10 persen. Kemudian hasil rekrutmen selama satu kepengurusan, itu juga berpengaruh. Masing-masing punya value satu suara. Jadi total jikalau cabang itu komplit dia hak suaranya, dia dapat 5 hak suara," jelasnya.

Saat ini kata dia, baru ada satu calon pendaftar yakni Pande Agus Permana Widura yang merupakan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Bali. Calon tersebut mengaku mengantongi 8 suara dari 9 BPC Hipmi di Kabupaten/Kota di Bali. Kata Yuliartha, jika hingga batas akhir pendaftaran hanya ada satu bakal calon, seluruh proses tetap berjalan.

"Kami sudah menghadap ke Badan Pengurus Pusat (BPP). Dan dipastikan Musda akan berlangsung ditanggal 17 April 2020. Hanya tempat saja yang belum kami tentukan," ungkapnya.

Sementara Ketua Umum BPD Hipmi Bali periode 2017-2020, Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra berharap, kepengurusan periode 2020-2023 dapat membawa arah kebijakan positif bagi anggota. Hipmi disebut sebagai wadah pengusaha untuk mendedikasikan diri, tidak hanya bagi organisasi, akan tetapi untuk masyarakat luas. Selain itu, Ketua Umum BPD Hipmi Bali juga diharapkan mampu meningkatkan jejaring dengan pemerintah daerah.

"Karena kita Hipmi tidak mampu berjalan sendiri, harus bergandengan dengan pemerintah. Jadi harapan kedepan mungkin setelah kabupaten dan kota, kita juga berharap Hipmi Bali semakin bisa dekat dengan Pemerintah Provinsi Bali. Sehingga benar-benar kita saling dukung untuk memajukan perekonomian di Bali," tandasnya.*mis

Komentar