nusabali

Dokter Sering Datang Terlambat

  • www.nusabali.com-dokter-sering-datang-terlambat

Warga sekitar mengharapkan adanya pelayanan kesehatan maksimal untuk masyarakat.

Warga Keluhkan Pelayanan Puskesmas Kubutambahan II


SINGARAJA, NusaBali
Pelayanan kesehatan oleh tim medis di Puskesmas II Kubutambahan, Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, sering dikeluhkan warga setempat. Karena dokter yang bertugas sering datang terlambat dan pelayanan dari perawat pun tidak maksimal.

Akibatnya, banyak warga pulang dari berobat dengan kecewa. Pelayanan yang tidak maksimal tersebut sering kali dirasakan masyarakat. Meski tidak setiap hari, namun setiap bulannya ada saja yang mengeluh. Salah seorang warga di sekitar Puskesmas, Dika mengatakan, sering mendengar keluhan dari warga yang berobat ke Puskesmas tersebut. “Banyak yang mengadu ke saya harus menunggu lama, karena dokternya belum ada. Seharusnya jam delapan pagi kan sudah stand by,” katanya kepada NusaBali, Kamis (18/8) siang.

Ia juga merasakan hal yang sama saat memeriksakan diri ke Puskesmas tersebut. Saat itu, matanya terkena lem hingga berobat ke Puskesmas itu. Namun saat sampai di Puskesmas tersebut, alih-alih mendapatkan penanganan cepat, tidak ada satu pun tim medis yang menanyainya. “Mereka malah asik ngobrol jadi saya langsung pergi dan memilih ke RSUD Buleleng,” ujarnya.

Ia dan warga sekitar mengharapkan adanya pelayanan kesehatan maksimal untuk masyarakat, baik tindakan medis maupun sikap petugas yang sopan. Dengan itu, masyarakat yang jauh dari kota dapat merasakan pelayanan maksimal di Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Buleleng dr I Gusti Nyoman Mahapramana, dikonfirmasi terpisah, mengatakan kejadian tersebut tidaklah terjadi setiap harinya. Ia pun meminta masyarakat maklum karena belakangan sering ada kegiatan besar, antara lain kegiatan Agustusan. Pada kondisi itu, dokter ditugaskan di bagian Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Dampaknya, terkadang dokter terlambat datang ke Puskesmas itu. “Dokter disana ada dua, satu dokter umum dan dokter gigi. Kalau selama ini ada masyarakat yang belum puas terhadap pelayanan kami mohon maaf,” kata Mahapramana.

Meski demikian pihaknya berjanji akan mengontrol tim medis yang bertugas terkait dengan keluhan dari masyarakat. * k23

Komentar