nusabali

PKK Kota Semarang Belajar Inovasi di Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-pkk-kota-semarang-belajar-inovasi-di-kota-denpasar

DENPASAR, NusaBali
Berbagai inovasi yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Denpasar serta telah mampu menorehkan beragam prestasi di tingkat provinsi hingga nasional.

Atas keberhasilan ini membuat PKK Kota Semarang belajar tentang inovasi yang telah dilakukan PKK Kota Denpasar, Kamis (5/3). Kunjungan kerja yang dipimpin oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi disambut Sekretaris Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Gusti Agung Sri Wetrawati mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar  Ny IA Selly Dharmawijaya Mantra di Gedung Wanita Santi Graha Kota Denpasar.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi dalam sambutannya mengatakan, program inovasi PKK Kota Denpasar sangat bagus sehingga dapat menorehkan beberapa prestasi tingkat nasional.  Selain itu, PKK Kota Denpasar juga sangat aktif dan ikut serta dalam menjaga lingkungan sehingga Denpasar nampak bersih dan indah.

PKK Kota Semarang yang berjumlah sekitar 90 orang tersebut sengaja berkunjung ke Kota Denpasar untuk mengetahui secara detail tentang tata kelola lingkungan agar nampak bersih dan asri. Menurutnya, menciptakan lingkungan yang bersih tentunya harus ada perilaku hidup yang bersih dari masyakat itu sendiri. ‘’Maka dari itu kunjungan ini kami ingin mengatahui cara menggerakkan  IV A Tes di Kota Denpasar yang telah meraih Pakarti Utama,’’ jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam kunjungan pihaknya juga ingin belajar bagaimana meningkatkan peran masyarakat dan bagaimana peran OPD maupun dunia usaha yang juga terlibat untuk mewujudkan Kota Layak Anak dan menggerakan masyarakat (PUS) untuk melakukan pemeriksaan IV A Test. “Kami berharap setelah melakukan kunjungan di Kota Denpasar ini kami dapat menerapkannya di Kota Semarang," ujar Krisseptiana.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny Selly Dharmawijaya Mantra yang diwakili Gusti Agung Sri Wetrawati mengatakan, program PKK Kota Denpasar ada tiga program yakni program pemberdayaan keluarga, program unggulan dan program kemitraan PKK. Dari tiga program ini, PKK Kota Denpasar bisa melaksanakan berbagai kegiatan yang disinergikan dengan dinas terkait.

Lebih lanjut dikatakannya, pelaksanaan IV A Test sebagai bentuk perencanaan sehat juga kami lakukan secara berjenjang dan berkelanjutan. Melalui sinergi Pokja IV PKK Kota Denpasar dengan berbagai OPD dan dinas terkait seperti Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Kepala Kewilayahan, serta seluruh lapisan PKK di Kota Denpasar.

Dari berbagai inovasi tersebut, PKK Kota Denpasar meraih beberapa penghargaan diantaranya Penghargaan Pakarti Utama I Bidang LBS, Penghargaan Pakarti Utama II Bidang Administrasi, Juara I PHBS Provinsi Bali, Kelurahan Penatih, Penghargaan Tokoh Perempuan Inspiratif, Juara I Paduan Suara Tingkat Provinsi Bali, Jambore PKK, Penghargaan Pakarti Utama I, Pelaksana Terbaik Tertib Administrasi PKK, Kelurahan Penatih, Penghargaan Pakarti Utama I, Pelaksana Terbaik PHBS Kelurahan Penatih, Penghargaan Pakarti Utama II, dan Pelaksana Terbaik IV A Test Kelurahan Pedungan.

“Kami sangat memberikan apresiasi seluruh anggota Tim PKK Kota Semarang  sudah berkunjung ke Kota Denpasar. Kunjungan sangat berarti bagi Denpasar di tengah merosotnya tingkat hunian hotel akibat merebaknya penyebaran Covid 19. "Ini menjadi berkah bagi komponen pariwisata di Kota Denpasar dengan kedatangan rombongan PKK Kota Semarang, minimal hotel hotel di Denpasar kecipratan tamu yang menginap di Kota Denpasar," kata Gung Wetrawati.*mis

Komentar