nusabali

Kunjungi Korban Longsor, Wabup Kembang Serahkan Bantuan

  • www.nusabali.com-kunjungi-korban-longsor-wabup-kembang-serahkan-bantuan

NEGARA, NusaBali
Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan menyerahkan bantuan sembako kepada I Putu Soma, 65, yang rumahnya di Banjar Tibubeleng Kelod, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, tergerus longsor pada Minggu (1/3) sore.

Saat penyerahan bantuan, Senin (2/3), Wabup Kembang didampingi Kepala BPBD Jembrana I Ketut Eko Susila Artha Permana dan Camat Mendoyo Putu Nova Noviana. Kepada keluarga korban, Wabup Kembang minta agar tetap tabah. Dia berharap, bantuan yang diberikan dapat bermanfaat serta dapat meringankan beban korban.

“Pesan saya kepada warga, untuk tetap waspada terhadap kemungkinan hal-hal yang tidak kita inginkan seperti bencana longsor. Karena cuaca ekstrem saat ini masih mungkin terjadi,” ujarnya.

Soma menyatakan sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan Pemkab Jembrana terhadap musibah yang dialaminya. Selain menyebabkan keretan tembok rumah, longsor yang terjadi pada bagian senderan sisi timur rumahnya juga menggerus tembok panyengker, bangunan gazebo, serta palinggih Surya.

Kepala BPBD Jembrana I Ketut Eko Susila Artha Permana mengatakan, meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun material longsor sempat menyebabkan tersumbatnya saluran irigasi subak di timur rumah korban. Guna membersihkan material longsor, pihaknya sudah melakukan gotong royong bersama masyarakat setempat.

“Guna mengantisipasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat, kami dari BPBD Jembrana telah melaksanakan pelatihan berupa desa tangguh bencana (Destana). Dengan pelatihan tersebut, kami berharap masyarakat bisa mencegah dan antisipasi sebelum terjadi bencana,” ujarnya. *

Komentar