nusabali

Belasan Anjing Liar Dieliminasi

  • www.nusabali.com-belasan-anjing-liar-dieliminasi

GIANYAR, NusaBali
Kasus gigitan anjing positif rabies yang menerkam 12 warga Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, ditindaklanjuti dengan eliminasi, Selasa (3/3).

Anjing tersebut dieliminasi oleh petugas dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Wilayah III Gianyar turun membawa perlengkapan.  Tercatat, 15 ekor anjing dieliminasi. Kepala Puskeswan III Gianyar drh Arya Dharma menyatakan anjing yang dieliminasi ini tergolong liar. "Anjing liar ini sempat kontak dengan anjing rabies yang sempat menggigit warga saat Kuningan," ujarnya.

Anjing liar itu ditemukan di jalanan, bahkan berkeliaran keluar masuk tegalan warga. Eliminasi  dengan alat tulup beracun.

Arya Dharma menambahkan, eliminasi di Desa Medahan akan terus berlangsung selama sepekan. Karena masih ada empat banjar di Desa Medahan yang jadi sasaran eliminasi yakni Banjar Medahan Kangin, Anggar Kasih, Penulisan dan Cucukan. Eliminasi ini sesuai SOP (standar operasional prosedur).

Diberitakan sebelumnya, anjing rabies menggigit 12 warga Desa Medahan selama tiga hari berturut-turut, 27 - 29 Februari 2020. Setelah dicek di laboratorium,  anjing itu positif rabies. Sedangkan, pasien telah memperoleh Vaksin Anti Rabies (VAR).*nvi

Komentar