nusabali

Bupati Artha Minta ASN Turut Sukseskan SP 2020

  • www.nusabali.com-bupati-artha-minta-asn-turut-sukseskan-sp-2020

NEGARA, NusaBali
Bupati Jembrana I Putu Artha mengajak seluruh ASN serta pegawai di Pemkab Jembrana menyukseskan Sensus Penduduk (SP) tahun 2020.

Tidak hanya mengikuti sensus, tetapi para ASN juga diminta mensosialisasikan kepada masyarakat, terkait SP yang akan menjadi acuan dalam menentukan kebijakan pemerintah ke depan.  

Hal tersebut disampaikan Bupati Artha saat menjadi Inspektur Upacara dalam apel di Lapangan Taman Pecangakan, seberang Kantor Bupati, Senin (2/3). Bupati Artha menjelaskan, SP 2020 akan menggunakan 2 metode, yakni metode online dan wawancara. Untuk SP tahap pertama dengan metode online dengan mengakses website bps.go.id, dilaksanakan 15 Februari hingga 31 Maret mendatang, dan setelahnya dilaksanakan metode wawancara.

Agar SP tahap pertama bisa tercapai 100 persen di Jembrana, Bupati Artha meminta ASN yang merupakan basis utama untuk menyukseskan program nasional ini, berpartisipasi aktif mengikuti SP serta mensosialisasikan kepada masyarakat. “Data yang disampaikan harus akurat. Karena pemanfaatan data dalam SP 2020 ini sangat strategis dalam menentukan kebijakan pemerintah. Salah satunya kebijakan pemberian bantuan sosial dan subsidi kepada keluarga miskin,” ujarnya.

Bupati Artha menegaskan, data keluarga miskin harus sesuai dengan nomor induk kependudukan (NIK) masing-masing. Untuk itu, melalui SP 2020 pihaknya memastikan tidak ada warga miskin yang menerima bantuan dua kali atau ganda. Sesuai laporan yang diterimanya, setiap warga miskin di Kabupaten Jembrana, seluruhnya telah memiliki NIK.

“Kalau ada yang tidak memiliki NIK, kami minta segera mendaftar. Bila perlu lakukan jemput bola, agar seluruh keluarga miskin mendapatkan pelayanan yang semestinya diperoleh untuk bantuan sosial dan subsidi dari pemerintah,” tandas Bupati Artha yang mengikuti SP pada Senin (24/2) lalu. *ode

Komentar