nusabali

DPT Jebol Timpa Rumah Warga

  • www.nusabali.com-dpt-jebol-timpa-rumah-warga

BANGLI, NusaBali
Hujan deras yang mengguyur wilayah Bangli dan sekitarnya mengakibatkan dinding penahan tanah (DPT) di sebelah selatan kantor Sat Sabara Polres Bangli longsor, Minggu (1/3).

Material longsor menimpa rumah warga di Lingkungan Blungbang, Kelurahan Kawan, Bangli. Akhir tahun lalu, DPT itu sempat ambrol, perbaikannya baru rampung beberapa bulan lalu.  Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli, Wayan Suastika saat dikonfirmasi mengatakan, DPT yang jebol adalah hibah Pemkab Bangli kepada Polres Bangli. DPT longsor akibat tergerus air. “Bayangkan  saja,  air yang datang dari utara semuanya bermuara di lokasi longsor. Besarnya volume air mengikis pondasi DPT. Akibat tidak kuat menahan beban, akhirnya DPT setinggi 6 meter dan panjang 11 meter itu jebol,” jelas Wayan Suastika, Senin (2/3).

Wayan Suastika menjelaskan, material DPT longsor menimpa tembok  rumah warga. Petugas PUPR Perkim Bangli telah turun ke lokasi dan telah berkoordinasi dengan CV Karya Sumampan sebagai rekanan. “Proyek tersebut masih dalam masa pemeliharaan. Rekanan telah menyatakan kesanggupannya melakukan perbaikan,” jelas Wayan Suastika. DPT dikerjakan pada September 2019 lalu. Kadis asal Desa Bangbang ini menambahkan, pembuatan DPT diplot dengan anggaran APBD 2019  sebesar Rp 174.999.394.

Pemilik rumah, Dewa Putu Alit telah mengajukan surat permohonan agar turut memperbaiki dinding rumah yang rusak tertimpa material longsor. “Pemilik rumah juga meminta agar material longsor yang masih tertahan  pada saluran segera dibersihkan. Dikhawatirkan volume air akan tinggi, pemilik rumah takut bangunannya tergerus,” tegasnya. Wayan Suastika menegaskan, pihak rekanan secepatnya melakukan perbaikan DPT. “Cuaca seperti saat ini tidak memungkinkan memperbaiki DPT. Perbaikan menunggu cuaca bagus,” jelas Wayan Suastika. *esa

Komentar