nusabali

Pencuri Kembalikan 33 Pucuk Bunga Emas

Duwe Pura Pasek Tangkas, Desa Adat Tukad Besi, Abang

  • www.nusabali.com-pencuri-kembalikan-33-pucuk-bunga-emas

AMLAPURA, NusaBali
Di luar dugaan, sebanyak 33 pucuk bunga emas yang sempat hilang di Pura Pasek Tangkas, Desa Adat Tukad Besi, Banjar Bias Lantang Kelod, Desa Purwakerthi, Kecamatan Abang, Karangasem, Sabtu (29/2), dikembalikan pencuri.

Keesokan hari pasca kasus pencurian, Minggu (1/3) saat pangempon hendak bersih-bersih, seluruh bunga emas beserta kotak plastik kembali di tempat semula.  Kapolsek Abang, AKP I Nyoman Wiranata, ditemui di ruang kerjanya di Mapolsek Abang, Banjar Abang Kelod, Desa/Kecamatan Abang, Karangasem, Senin (2/3) mengatakan meski kembali, namun  penyelidikan terhadap kasus pencurian bunga emas tersebut tetap akan dilanjutkan.

"Tetap dilakukan penyelidikan, jika kasusnya berlanjut dan pelakunya tertangkap, maka perhiasan bunga emas itu disita sementara dijadikan barang bukti," ujar AKP Wiranata.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil olah TKP, ada petunjuk mengarah pelaku diindikasikan pelakunya orang dalam. "Jika nantinya pelakunya ditemukan, tergantung pangempon pura, apakah kasusnya dilanjutkan atau tidak. Sebab, barang yang hilang telah ditemukan," kata AKP Wiranata.  Kerugian dialami pangempon akibat hilangnya bunga emas tersebut sekitar Rp 12 juta. Perbekel Purwakerthi, I Nengah Karyawan, juga mengaku dapat laporan dari warganya atas kejadian itu. "Ya, hasil olah TKP dilakukan petugas Polsek Abang, mengungkap seluruh bunga emas kembali di tempat semula," kata Nengah Karyawan.

Kasus hilangnya bunga emas tersebut berawal dari saksi Jro Mangku Wayan Degeng, Jro Mangku Nengah Rame dan Jro Mangku Ngetis datang ke Pura Pasek Tangkas hendak melakukan persembahyangan bertepatan Rahina Kuningan pada, Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (29/2) pukul 07.30 Wita. Mereka menemukan adanya gedong tempat penyimpanan perhiasan emas bagian gemboknya rusak dan pintu gedong terbuka.

Setelah dicek, 33 pucuk bunga emas yang ditaruh di dalam kotak plastik hilang, masih ada tedung emas di gedong penyimpan itu yang tidak hilang tetapi posisinya berubah.

Maka atas kejadian itu, pamangku tersebut melaporkan ke Polsek Abang. Selanjutnya petugas Polsek Abang dipimpin Kapolsek AKP I Nyoman Wiranata, melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara). Di samping itu pangempon yang dikoordinasikan Kelian I Ketut Putra dan Sekretaris Pangempon I Nengah Kariasa, melakukan bersih-bersih.

Di luar dugaan, sebanyak 33 pucuk bunga emas yang sempat hilang telah dikembalikan pencurinya, dan ditempatkan di pelataran Pura Pasek Tangkas. Setelah dicek, bunga emas itu memang duwe Pura Pasek Tangkas, yang selama ini digunakan untuk menghias pratima dan pralingga Ida Bhatara di saat piodalan.

Walau 33 pucuk bunga emas kembali, tetapi bunga itu telah leteh. Sebab, sempat diambil pencuri yang berniat jahat, diawali mencongkel gedong panyimpenan, selanjutnya membawa kabur 33 pucuk bunga emas. *k16

Komentar