nusabali

Sehari Pasca Terbakar, Hotel Inna Grand Bali Beach Beroperasi Kembali

  • www.nusabali.com-sehari-pasca-terbakar-hotel-inna-grand-bali-beach-beroperasi-kembali

DENPASAR, NusaBali
Sehari pasca kebakaran, Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar Selatan sudah kembali beroperasi seperti biasa, Senin (2/3).

Tamu berjumlah 80 orang dari 40 kamar yang sebelumnya sempat dievakuasi ke Inna Bali Beach Garden di sisi selatan hotel, pun sudah dikembalikan ke Tower. Direktur Utama (Dirut) PT Hotel Indonesia Natour-BUMN yang menaungi Hotel Inna Grand Bali Beach, Iswadi Said, menyatakan sesungguhnya sejak Minggu malam pasca kebakaran, hotel bintang lima tertua di Bali ini dinyatakan layak untuk ditempati. Itu setelah dilakukan investigasi awal oleh tim berwenang.

“Hanya saja, karena tidak ingin mengganggu tamu-tamu yang sudah dievakuasi, ya mereka dibiarkan bermalam di kamar-kamar di Inna Bali Beach Garden,” papar Iswadi Said dalam keterangan persnya di Sanur, Senin kemarin.

Menurut Iswadi, Hotel Inna Grand Bali Beach kembali dioperasikan kemarin, sejak siang pukul 12.00 Wita. “Astungkara, semua berjalan baik. Jam 12 siang tadi kita nyatakan hotel ini beroperasi kembali seperti biasa,” tandas Iswadi.

“Maka, 80 tamu dari 40 kamar yang dipindahkan ke Inna Bali Beach Garden saat kebakaran pun sudah kembali ke Tower. Mereka punya jadwal tinggal di hotel ini, sehingga tidak ada yang check out,” lanjut Iswadi, yang dalam jumpa pers kemarin didampingi Kepala BPBD Provinsi Bali I Made Rentin, Kepala BPBD Kota Denpasar Ida Bagus Joni Ariwibawa, Direktur Operasi dan Pengembangan PT Hotel In-donesia Natour Seno Adhikawanto, General Manager Hotel Inna Grand Bali Beach I Gusti Komang Ayu Ariani, dan General Manager Bali Beach Garden & Inna Bali Beach Resort I Nyoman Gede Ardhana.

Disebutkan, semua rencana atau agenda seperti meeting dan event-event lainnya di Hotel Inna Grand Bali Beach tetap berjalan normal, sama sekali tidak ada pembatalan. “Dari teman-teman yang membuat pembukuan, menunjukkan semua normal,” katanya sembari menyebut tamu yang segera akan check in di hotel berlantai 11 ini, Senin kemarin, mencapai 47 kamar.

Ditanya terkait penyebab kebakaran Hotel Inna Grand bali Beach, Minggu (1/3) sore, Iswadi mengaku masih menunggu hasil dari investigasi polisi. Namun demikian, dugaan sementara kebakaran terjadi karena sambaran petir. “Karena (Minggu sore) kemarin kebetulan ada hujan deras ddisertai petir. Dugaan awal, ya karena petir,” kilah Iswadi.

Mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terulang, menurut Iswadi, hotel ini sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan. Dan, peralatan-peralatan tersebut akan terus di-update dan dipelihara dengan baik. “Namun, kemarin itu cuacanya memang luar biasa ekstrem. Petirnya sangat kuat.”

Sementara, General Manager Hotel Inna Grand Bali Beach, I Gusti Komang Ayu Ariani, enggan merinci kewarganegaraan tamu-tamu yang sebelumnya dievakuasi karena kebakaran. “Itu campuran, ada dari Eropa, Asia, juga tamu domestik,” kata Ayu Ariani menjawab NusaBali.

Sedangkan Kepala BPPD Bali, I Made Rentin, mengapresiasi koordinasi dan sinergi dari pihak manejemen Hotel Inna Grand Bali Beach saat musibah kebakaran, sehingga api berhasil dengan cepat dipadamkan. Terlebih, penanganan api di Lantai 10 yang dilakukan Fire Brigade hotel secara mandiri, sebelum datang bantuan dari Damkar untuk membantu ruang laundry di Lantai Dasar yang menyusul terbakar.

“Kendati belum sertifikasi, namun kecepatan tanggapnya melebihi hotel yang telah tersertifikasi (Sertifikat Kesiapsigaan Tanggap Bencana, Red),” puji Made Rentin. “Koordinasi dan sinergi sangat membantu,” sambung Kepala BPPD Denpasar, IB Joni Ariwibawa.

Sementara itu, Kapolresta Denpasar Kombes Pol Ruddi Setiawan mengatakan penyebab kebakaran di Hotel Inna Grand Bali Beach sedang dalam penyelidikan. Saat ini, tim identifikasi dan Labfor Polda Bali sedang bekerja. "Saya belum bisa menduga-duga apa penyebab kebararan,” ujar Kombes Ruddi saat dikonfirmasi NusaBali terpisah di Denpasar, Senin kemarin.

Yang jelas, menurut kombes Ruddi, kebakaran terjadi di Ruang Laundry Lantai Dasar. Selain ruangan itu, pihaknya tidak bisa merinci bagian mana lagi yang terbakar. Sebab, dalam kejadian yang berlangsung Munggu sore mulai pukul 17.45 Wita, asap diketahui mengepul pertama kali di Lantai 10 Hotel Inna Grand Bali Beach. “Sementara Ruangan Laundry itu dikatakan berada di Lantai Dasar,” katanya.

Sedangkan Kapolsek Denpasar Selatan, Kompol I Nyoman Wirajaya, mengatakan satu kamar di Lantai 10 plafonnya terbakar. Selain itu, kebakaran juga terjadi di Ruangan Laundry. “Api menghanguskan mesin laundry bersama pakaian yang berada di dalamnya. Tapi, belum diketahui apa penyebab kebakaran,” kata Kompol Wirajaya saat dihubungi terpisah, Senin kemarin. *k17,pol

Komentar