nusabali

Hujan dan Angin Kencang Disertai Petir Masih Akan Terjadi

  • www.nusabali.com-hujan-dan-angin-kencang-disertai-petir-masih-akan-terjadi

Cuaca ekstrem, angin kencang dan hujan lebat disertai kilatan petir masih berpotensi terjadi dalam tiga hari ke depan.

MANGUPURA, NusaBali

Hal ini setelah Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BBMKG Wilayah III Denpasar menganalisa adanya dinamika atmosfer seperti pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) masih cukup aktif, dan berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di Bali dan wilayah Indonesia pada umumnya.

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar Iman Fatchurochman menerangkan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, pola tekanan rendah di wilayah BBS itu masih sangat tinggi. Keberadaan daerah tekanan rendah di pesisir Australia Barat bagian utara dan di Samudera Hindia selatan Jawa Timur serta sirkulasi angin tertutup di utara Papua Barat, menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang dari perairan selatan Jawa Timur, Bali hingga selatan NTB. “Belokan angin juga terpantau terbentuk di beberapa wilayah. Hal ini memicu cuaca ekstrem ini masih berpotensi di beberapa daerah termasuk Bali,” tutur Iman, Minggu (1/3) sore.

Untuk itu, menurut Iman, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. Selain itu, para nelayan juga diharap tetap waspada saat melaut dan pelaku wisata bahari untuk mematuhi imbauan akan potensi cuaca ekstrem itu. “Harapannya agar masyarakat tetap waspada saat terjadinya cuaca ekstrem itu. Selain itu, patuhi setiap informasi terkait analisa yang dilakukan secara berkala oleh kami,” kata Iman. *dar

Komentar