nusabali

Babinsa Meninggal saat Akan Piket

Dimakamkan Secara Militer, Dilanjutkan Palebon

  • www.nusabali.com-babinsa-meninggal-saat-akan-piket

Anggota Babinsa (Bintara Pembina Desa) Karangasem Kopka Ida Bagus Wayan Keniten, 51, yang meninggal usai terjatuh di kamar mandi, Minggu (23/2) lalu, akhirnya dimakamkan secara militer dilanjutkan palebon di Setra Banjar Adat Gelumpang, Kelurahan/Kecamatan Karangasem Sukar Wage Kuningan, Jumat (28/2) sore.

AMLAPURA, NusaBali

Kakak sepupu almarhum Ida Bagus Nyoman Japa menuturkan, almarhum jatuh di kamar mandi saat hendak piket di Kodim Karangasem, Selasa (18/2). Selanjutnya karena memiliki riwayat sakit jantung maka dirawat di RSUD dr Soedarsono, Pasuruan, Jawa Timur selama lima hari dan meninggal Minggu (23/2).

Selanjutnya di keluarga besar almarhum menggelar pertemuan, dicarikan hari baik, untuk palebon, dan upacaranya Jumat (28/2). Upacara palebon diawali dengan upacara militer. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Dandim Letkol Inf Bima Santosa, sedangkan Komandan Upacara Danramil Karangasem Kapten Inf Arif Budi Santosa.

Upacara militer ini diakhiri dengan tembakan salvo, dan peletakan karangan bunga di atas jenazah almarhum. Dandim Letkol Inf Bima Santosa mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama ini yang bertugas secara disiplin. "Semoga arwah almarhum diterima Tuhan, sesuai amal baktinya," jelas Letkol Inf Bima Santosa. Selanjutnya, digelar upacara palebon dengan membakar jenazah almarhum, prosesi upacara palebon dipuput Ida Pedanda Gede Sidemen, dari Geria Gelumpang, Kelurahan/Kecamatan Karangasem.

Upacara palebon itu, diakhiri dengan nganyut di Pantai Jasri, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem di tengah guyuran hujan. Almarhum meninggalkan seorang istri I Gusti Ayu Satriawati dan tiga anak.

Kakak sepupu almarhum Ida Bagus Nyoman Japa mengatakan, awalnya almarhum jatuh di kamar mandi, kemudian diberikan pertolongan. Selain memiliki riwayat sakit jantung setelah dirawat sekitar lima hari, meninggal. "Almarhum itu mandi, hendak piket di Kodim Karangasem," jelas Ida Bagus Nyoman Japa. *k16

Komentar