nusabali

Bangunan Stage Sidan Terbengkalai

  • www.nusabali.com-bangunan-stage-sidan-terbengkalai

Petugas jaga stage ini sampai memasang tulisan peringatan di depan stage. Agar masyarakat tidak masuk karena berbahaya.

GIANYAR, NusaBali

Selain sepi pengunjung, kondisi bangunan stage  atau tempat pertunjukkan di Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, atau dikenal dengan stage Sidan, semakin memprihatinkan. Bangunan itu kini makin terbengkalai. Atapnya berbahan alang-alang berlubang-lubang.

Jika hujan, air masuk ke area stage. Kondisi atap pun dikhawatiri berbahaya. Petugas jaga stage ini sampai memasang tulisan peringatan di depan stage. Agar masyarakat tidak masuk karena berbahaya. Pemkab Gianyar sebagai pemilik bangunan belum mengambil sikap atas kondisi bangunan ini.

Kepala Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Gianyar Anak Agung Gede Putrawan mengakui atap stage Sidan kini bolong-bolong. "Kami masih melakukan kajian. Apakah tetap dijadikan stage atau peruntukkannya diubah," ujarnya, Jumat (28/2).

Bangunan stage Sidan sudah pudar dari masa jayanya sekitar tahun 1980-1990an. Dulu, bangunan ini dijadikan tempat pertunjukkan kesenian. Berada di jalur Gianyar-Bangli, stage Sidan juga memiliki areal parkir yang luas.

Kini, bermunculan stage yang dikelola sanggar dan pihak swasta. Stage Sidan pun kalah pamor. Sejak marak ada stage barong maupun sendratari di Gianyar, stage Sidan sepi aktivitas.

Kondisi atapnya pun mulai rusak. Kondisi rangka atap yang terus diguyur hujan dan tersengat terik mentari membahayakan. Namun untuk bangunan lantai atau tempat duduk dari beton masih layak.*nvi

Komentar