nusabali

Adi Wiryatama Boyong 400 Pohon Bambu ke Surabaya

Kampanyekan Penghijauan di HUT PDI Perjuangan

  • www.nusabali.com-adi-wiryatama-boyong-400-pohon-bambu-ke-surabaya

Ketua Dewan Pertimbangan Daerah (Deperda) DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama bumikan penghijauan sampai ke luar Bali.

DENPASAR,NusaBali

Adi Wiryatama memboyong 400 tanaman bambu asal Baturiti, Tabanan ditanam di Kota Surabaya, Jawa Timur. Penanaman pohon bambu itu dilakukan Adi Wiryatama bersama Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Taman Harmoni, Keputih Surabaya.

Adi Wiryatama yang juga Ketua DPRD Bali periode 2019-2024 ini juga mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Kecamatan Gubeng, Surabaya. "Kami membawa 18 spesies bambu dari Baturiti (Tabanan). Mulai bambu santong, bambu tali, bambu jagjag, bambu lepung, bambu ori, bambu buluh. Kami tanam di Surabaya, Jawa Timur. Saat ini saya sedang menanam bambu ini bersama Bu Walikota Surabaya (Tri Rismaharini)," ujar Adi Wiryatama dihubungi NusaBali, Kamis siang kemarin.

Adi Wiryatama mengaku mendapatkan perintah langsung Megawati Soekarnoputri untuk saling membantu daerah lain dalam penghijauan lingkungan. "Saya dapat perintah langsung dari Ibu Ketua Umum untuk membantu daerah lain melakukan penghijauan. Ibu (Megawati) selama ini saya tahu sangat konsen dan komitmen menjaga bumi kita dengan menanam pohon.  Apa yang kita lakukan ini belum apa-apa dibandingkan Ibu Ketua Umum. Kalau beliau sudah ratusan hektar hijaukan bumi. Tetapi apa yang menjadi komitmen beliau minimal separuhnya kita bisa ikuti," ujar Bupati Tabanan periode 2000-2005 dan 2005-2010 ini.

Adi Wiryatama akan melakukan aksi penghijauan ini secara berkelanjutan. "Tidak hanya tahun ini. Tahun 2021 mendatang mungkin di daerah lain. Jadi akan kami laksanakan berkelanjutan bersinergi dengan teman-teman didaerah lain. Kita mau agendakan itu bersama teman-teman kader PDI sesuai dengan mandat Ibu Ketua Umum ," tegas politisi asal Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan ini.

Menurut Adi Wiryatama, rangkaian penghijauan yang digelar di Bali dan luar Bali serangkaian HUT PDIP ke-47 Tahun 2020. Kegiatan ini sekaligus mengimplementasikan program pelestarian lingkungan sesuai dengan Visi Misi Nangun Sat Kertih Loka Bali. "Menjaga keharmonisan alam Bali beserta isinya. Jadi tidak hanya sumber daya manusia Bali saja bagus. Selain manusianya alamnya juga harus kita jaga, sehingga ekosistem di Bali berimbang dan harmonis," tegas mantan Sekretaris DPD PDIP Bali ini.

Selain menanam 400 pohon bambu di Surabaya, Adi Wiryatama juga menyempatkan diri melihat pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah di Kecamatan Gubeng Surabaya. Menurut Adi Wiryatama, Pemerintah Surabaya dan masyarakatnya sangat komitmen dalam penanganan sampah. "Kita perlu meniru Surabaya dalam urusan penanganan sampah. Bali belum terlambat. Saya yakin bisa kalau memang ada kemauan," tegas ayah dari Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, ini. *nat

loading...

Komentar