nusabali

Aparat OPD Diminta Turut Aktif Sosialisasi

Wabup Suiasa Buka Rakor Sensus Penduduk Tahun 2020

  • www.nusabali.com-aparat-opd-diminta-turut-aktif-sosialisasi

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka rapat koordinasi Sensus Penduduk (SP) Tahun 2020 di Ruang Gita Gosana lantai III Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung, Kamis(27/2).

MANGUPURA, NusaBali

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Badung ini dihadiri Kepala BPS Badung Ni Putu Minarni, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil AA Ngurah Arimbawa, Kadiskominfo I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, serta seluruh OPD di Pemkab Badung.

Wabup Suiasa mengatakan, pemkab bersinergi dengan BPS Badung dalam rangka mematangkan pelaksanaan sensus penduduk di 2020. Untuk mendukung sensus penduduk ini, Pemkab Badung mengambil langkah membuat petugas dari perangkat daerah untuk ditugaskan mengkoordinir dan mengakselerasi pelaksanaan sensus penduduk mulai dari perangkat daerah masing-masing.

“Petugas kami harapkan memberikan sosialisasi kepada masyarakat dalam hal pengisian data-data berkaitan dengan sensus kependudukan, terlebih dalam pelaksanaan sensus penduduk ini sudah menggunakan sistem online,” ujar Wabup Suiasa.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya sensus secara online, sensus penduduk di Kabupaten Badung mendapatkan hasil yang lengkap dan benar,” harap Wabup Suiasa.

Kepala BPS Kabupaten Badung Ni Putu Minarni mengatakan, kegiatan sensus penduduk sudah menjadi kewajiban BPS, terlebih tahun 2020 ini sensus penduduk dilaksanakan secara online. “Jadi di tahun ini BPS memiliki metode yang berbeda yaitu metode kombinasi, dimana data dasar yang digunakan untuk update berasal dari data Dirjen Dukcapil. Metode kedua menggunakan sistem online, dimana masyarakat bisa melakukan update data dirinya secara mandiri melalui link sensus.bps.go.id, dengan periode waktu mulai dari 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020 mendatang,” kata Minarni.  

Minarni juga berharap ASN Badung menjadi referensi masyarakat agar target sensus penduduk online dapat meningkat. Masyarakat juga bisa mengunakan literasi media digital. “Kami harapkan masyarakat sadar terhadap data dirinya, di mana data tersebut bisa mencerdaskan bangsa serta sebagai dasar dari pemerintah untuk melaksanakan program-program strategis yang akan dilaksanakan nantinya,” tandasnya. *asa

Komentar