nusabali

Guru SMA dan SMK Diuji AKM

  • www.nusabali.com-guru-sma-dan-smk-diuji-akm

Guru SMA dan SMK se-Karangasem diuji AKM (assessment kompetensi minimal) dan tes survei karakter secara online di seluruh sekolah, Rabu (26/2).

AMLAPURA, NusaBali

Mereka mengikuti uji AKM sebelum UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Ujian serentak di seluruh sekolah terbagai dua shift dikendalikan operator dari pusat.

Ujian shift I pukul 08.00 Wita-10.00 Wita, shift II dari pukul 11.00-13.00 Wita. Banyak guru kekurangan waktu mengerjakan soal.

Di SMAN 1 Amlapura misalnya diikuti 56 guru terbagi dua shift, dikoordinasikan proktor Ni Komang Ayu Sri Inteni dan teknisi I Gede Sastrawan. Banyak guru yang menjawab soal kurang memperhitungkan waktu yang tersedia. Rata-rata tiap soal disediakan waktu 1,5 menit. Tetapi setiap guru, materi tes dan lamanya waktu tersedia berbeda-beda sesuai mata pelajaran yang dipegangnya di sekolah.

Pelaksanaan uji AKM dan tes survei karakter di SMAN 1 Amlapura diawasi pengawas I Gede Jabang. “Ada peserta dinyatakan diskualifikasi karena terlalu banyak berpikir, sehingga kekurangan waktu untuk menjawab," kata Gede Jabang.

Menurut Gede Jabang mestinya waktu yang tersedia dimanfaatkan dengan baik. “Misalnya 12 soal yang ada, waktunya 15 menit. Ini juga merupakan tes melatih kemampuan literasi, lebih cepat membaca dan lebih cepat bisa menjawab,” katanya.

Kasek SMAN 1 Amlapura Wayan Sugiana mengatakan, dapat dua paket soal masing-masing untuk AM sebanyak 11 soal dan tes survei karakter 11 soal. “Saya sampai kelebihan waktu menjawab soal itu, tidak ada kendala,” kata Wayan Sugiana. Caranya peserta tidak terlena dengan soal yang dibaca, mesti perhitungkan waktu tersedia dengan soal yang hendak dijawab.

Wayan Sugiana yang juga Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMAN Karangasem mengatakan, di Karangasem ada 9 SMA Negeri dan 10 SMA swas menjalankan tes AKM dan tes survei karakter secara online.

Terpisah,  Kasek SMK Negeri Amlapura I Wayan Artana juga tengah menggelar tes AKM dan survei karakter melibatkan 32 guru. “Hanya guru yang mengajar di kelas XII yang mengikuti tes itu,” kata Wayan Artana yang juga Ketua MKKS SMKN Karangasem

Di Karangasem ada 5 SMK Negeri yang dikoordinasikan yakni SMKN Amlapura, SMKN Abang, SMKN Kubu, SMKN Bebandem, dan SMK Negeri Manggis. Semuanya juga mengikuti tes AKM melibatkan guru kelas XII.

Sedangkan SMK swasta ada 6 yakni SMK Dharma Prasanti Amlapura, SMK Giri Pendawa Desa Nongan Kecamatan Rendang, SMK nasional Amlapura, SMK Nusa Dua Toya Anyar Kecamatan Kubu, SMK PGRI Amlapura, SMK Saraswati Amlapura, dan SMK Widya Wisata Graha Amlapura. *k16

loading...

Komentar