nusabali

Jalan Raya Andong Langganan Banjir

Dinas PU Bali Siapkan Perbaikan Drainase Rp 12 M---tipis

  • www.nusabali.com-jalan-raya-andong-langganan-banjir

Hujan deras yang mengguyur wilayah Gianyar, Selasa (25/2), membuat Jalan Raya Andong, Desa Petulu Kecamatan Ubud – Desa/Kecamatan Tegallalang, banjir lagi.

GIANYAR, NusaBali

Tinggi air mencapai lutut orang dewasa. Sejumlah kendaraan roda dua mati karena mesinnya terendam air hujan.

Selama ini, banjir di Andong sudah jadi langganan. Tiap kali hujan, pasti banjir. Sempitnya gorong-gorong diduga menjadi salah satu faktor. Kondisi itu mendapat sorotan salah seorang anggota DPRD Gianyar I Ketut Karda. Menurutnya banjir sepanjang Jalan Raya Andong menjadi pemandangan rutin yang terjadi setiap musim hujan. Kondisi ini terjadi akibat volume air hujan yang melebihi kapasitas drainase di sepanjang jalur tersebut. “ Hampir setiap hujan, di sepanjang Jalan Raya Andong, air meluap,“ kata anggota Fraksi Demkrat ini, Rabu (26/2).

Tidak hanya itu, kondisi trotoar yang rusak juga kerap menghambat aliran air pada drainase. Belum lagi persoalan sampah mengendap pada drainase, sehingga menyumbat aliran air saat hujan. "Terutama aliran air dari Gentong Tegallalang, itu biasanya meluap di Jalan Raya Andong," ungkap wakil rakyat asal Banjar Laplapan, Desa Petulu, Kecamatan Ubud ini.

Seperti hujan lebat yang terjadi Selasa (26/2). Volume air yang meluap di Jalan Raya Andong sampai setinggi lutut orang dewasa. Kondisi ini pun banyak dikeluhkan warga, khususnya pengguna jalan yang melintas. Hal ini juga disayangkan warga. Sebab di seputaran lokasi tersebut menjadi akses utama warga dan para wisatawan, Ubud – Tegallalang.

Menyikapi kondisi ini, Ketut Karda mengaku sudah berulang kali berkoordinasi dengan Dinas PU Provinsi Bali. Dia mohon agar pemerintah segera merevitalisasi drainase di sepanjang jalur tersebut. "Mengusulkan agar drainase diperlebar dan diperdalam, sehingga saat hujan bisa menyalurkan lebih banyak air," ujar anggota DPRD yang juga pelaku periwisata ini.

Dari haril koordinasi terakhir dengan Dinas PU Pemprov Bali, dia mengaku mendapat informasi untuk perbaikan trotoar di sepanjang Jalan Raya Andong itu sudah dianggarkan Rp 12 miliar. "Baru tadi diinfokan, bahwa sudah dianggarkan Rp 12 miliar, untuk perbaikan trotoar sepanjang 2,5 km, saat ini masih dalam tahap tender proyek," katanya.

Dia sangat berharap proses tender proyek ini bisa segera dilakukan, sehingga perbaikan drainase bisa dengan cepat dikerjakan. "Ini harus segera dikerjakan, karena banjir setiap hujan di kawasan tersebut sudah berlangsung sejak lama," ujarnya.*nvi

loading...

Komentar