nusabali

27 Sulinggih Muput Pujawali Pura Ratu Pasek

  • www.nusabali.com-27-sulinggih-muput-pujawali-pura-ratu-pasek

Puluhan ribu pamedek dari Pasemetonan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) se-Nusantara menghaturkan persembahyangan saat Pujawali di Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana, Banjar Pundukdawa, Desa Adat Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung, saat Pemacekan Agung, Soma Kliwon Kuningan, Senin (24/2).

SEMARAPURA, NusaBali

Pujawali ini dipuput (dipimpin) 27 sulinggih Ida Pandita Mpu dari masing-masing tiga Ida Pandita Mpu dari kabupaten/kota se-Bali.

Di Utama Mandala dipuput 18 sulinggih dan di Luhur Mandala dipuput  9 sulinggih. Prosesi persembahyangan berlangsung khidmat. Koordinator Humas Panitia Pujawali I Nyoman Sukrayasa SH MH, mengatakan prosesi pujawali di Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana, di Banjar Pundukdawa, Desa Adat Pesinggahan, ini yang keenam. Pujawali ini sebagai wujud bhakti perti sentana kepada Ida Bhatara Kawitan yakni Ida Bhatara Mpu Gana yang  sudah berstana di Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek di Banjar Pundukdawa.

Dia mengharapkan ke depannya, melalui pujawali ini antar pasemetonan lebih guyub. "Kami sameton Pasek agar lebih guyub dalam demi terciptanya keutuhan secara menyeluruh," harapnya.

Mulai besok (Selasa ini,Red) dilakukan Panganyaran Pujawali dari masing-masing kabupaten/kota se-Bali dan sudah ada pah-pahan (pembagian). "Semua ketua dan pengurus MGPSSR se-Bali akan tangkil. Prosesi upacara sudah berjalan normal sesuai harapan," ujarnya.

Pada Anggara Umanis Kuningan, Selasa (25/2). panganyar dari MGPSSR Jembrana dan Buleleng. Buda Pahing Kuningan, Rabu (26/2), panganyar dari MGPSSR Badung dan Denpasar. Wraspati Pon Kuningan, Kamis (27/2), panganyar dari MGPSSR Bangli dan Gianyar. Sukra Wage Kuningan, Jumat (28/2), panganyar MGPSSR Tabanan dan pangempon. Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (29/2) panganyar dari pengempon, Radite Umanis Langkir, Minggu (1/3) panganyar MGPSSR  Karangasem dan Klungkung.*wan

Komentar