nusabali

Dampak Banjir Songan, Kerugian Capai Seratusan Juta

  • www.nusabali.com-dampak-banjir-songan-kerugian-capai-seratusan-juta

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangli melakukan inventarisasi dampak bencana banjir di Desa Songan, Kecamatan Kintamani.

BANGLI, NusaBali
Kerugian dari sektor pertanian dan perumahan ditaksir sekitar Rp 145 juta. Kerusakan fasiltas umum yakni jalan masih dalam proses penghitungan melibatkan Dinas Pekerjaan Umum.

Kepala Pelaksana BPBD Bangli, I Ketut Gede Wiredana mengatakan, setelah selesai evakuasi material terbawa banjir, langsung melakukan inventarisasi dampak bencana. Rumah warga yang terdampak bencana sebanyak 6 unit, kerusakannya tidak begitu parah. Luas lahan pertanian yang rusak sekitar 2,17 hektare. “Kerugian yang terdata baru meliputi lahan pertanian dan rumah penduduk yang terkena banjir bandang. Infrastruktur jalan masih dalam penghitungan melibatkan Dinas PU,” ungkap Gede Wiredana, Minggu (23/2).

Gede Wiradana mengatakan, musibah banjir sering terjadi setiap tahunnya. Pemkab Bangli berencana merancang pembangunan  bendung di tiap-tiap desa. Merealisasikan program ini harus mendapat dukungan masyarakat, terutama untuk pembebasan lahan. “Kami akan pertegas dengan melakukan pertemuan dengan bendesa dan perbekel di Desa Songan,” ungkap pejabat asal Desa Tamanbali ini. Menurutnya, penanganan dengan membuat gorong-gorong dikhawatirkan mencemari danau dan menyebabkan pendangkalan. Jika buat bendung, hanya air yang mengalir ke danau. Material berupa pasir akan mengendap di areal  bendung. *esa

Komentar