nusabali

Warga Pasek Melasti di Pantai Goa Lawah

  • www.nusabali.com-warga-pasek-melasti-di-pantai-goa-lawah

Puluhan ribu pamedek dari Pasemetonan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) se-Nusantara menggelar Melasti di Pantai/Segara Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung, Redite Wage Kuningan, Minggu (23/2) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali

Melasti dengan berjalan kaki sejauh 3 km dari Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana di Banjar Pundukdawa, Desa Pesinggahan ke Pantai Goa Lawah.

Melasti itu serangkaian Pujawali di pura setempat  saat Pemacekan Agung, Soma Kliwon Kuningan, Senin (24/2). Prosesi Melasti diawali nedunang Ida Bhatara Catur Parahyangan Ratu Pasek dan dadia-dadia. Dari jaba pura, pamedek berjalan kaki bersama-sama sejak pukul 08.00 Wita dan tiba di Pantai Goa Lawah pukul 09.30 Wita. Prosesi Melasti di pantai itu sekitar 2 jam, diiringi Tari Topeng, tetabuhan, dan lainnya. Para pamedek kembali berjalanan kaki menuju Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek di Pundukdawa.

Ketua MGPPSR Klungkung I Wayan Sudiarsa mengatakan Melasti ini untuk panyucian lingga Ida Batara, menjelang katuran pujawali. Ida Bhatara nyejer dan kasineb Umanis Kuningan, Minggu (1/3).

Saat pujawali MGPSSR kabupaten/kota se-Bali menghaturkan bakti panganyar. Anggara Umanis Kuningan, Selasa (25/2), MGPSSR dari Kabupaten Jembrana dan Buleleng. Buda Pahing Kuningan, Rabu (26/2), dari Badung dan Denpasar. Wraspati Pon Kuningan, Kamis (27/2), dari Bangli dan Gianyar. Sukra Wage Kuningan, Jumat (28/2), dari Tabanan dan pangempon. Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (29/2) dari pengempon, Radite Umanis Langkir, Minggu (1/3) dari MGPSSR  Karangasem dan Klungkung.*wan

Komentar