nusabali

Dua Anggota DPRD Jadi Pengurus LPM Pengelatan

  • www.nusabali.com-dua-anggota-dprd-jadi-pengurus-lpm-pengelatan

Perbekel Pengelatan Nyoman Budarsa berharap, dua anggota DPRD yang menjadi anggota LPM desa setempat bisa menjadi jembatan di birokrasi.

SINGARAJA, NusaBali

Desa Pengelatan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng beruntung memiliki dua anggota legislatif, I Kadek Setiawan (anggota DPRD Provinsi Bali) dan Wayan Soma Adnyana (anggota DPRD Buleleng), yang bersedia menjadi pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), guna ikut merancang pembangunan desa.

Kadek Setiawan yang berkiprah di DPRD Provinsi Bali dan Wayan Soma Andnyana yang berkiprah di DPRD Kabupaten Buleleng, keduanya dari PDI Perjuangan, resmi dilantik bersama anggota LPM Desa Pengelatan, Sabtu (22/2) pagi, di Gedung Serba Guna, Desa Pengelatan. Acara pelantikan LPM juga dibarengi dengan pelantikan Karang Taruna dan PKK setempat. Acara tersebut dihadiri oleh Camat Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara.

Perbekel Pengelatan Nyoman Budarsa, mengatakan pengisian anggota LPM berdasarkan aspirasi masyarakat. Sesuai aspirasi, semua tokoh desa dilibatkan, karena LPM menjadi perancang dalam mewujudkan cita-cita pembangunan desa. “Walaupun Pak Setiawan dan Pak Soma Adnyana anggota dewan, di desa beliaunya itu tetap masyarakat biasa. Dan selama ini keduanya juga sudah aktif mengabdi di desa,” tuturnya.

Menurut Perbekel Budarsa, dengan keanggotaan LPM saat ini, dirinya berharap cita-cita desa mewujudkan pembangunan Bersehati (Berbudaya, Sejahtera, Harmonis, dan Shanti) dapat tercapai. “Komunikasi dan koordinasi kami sangat baik, sehingga ini akan memudahkan kami dalam mewujudkan cita-cita desa Bersehati. Mereka akan menjadi jembatan di birokrasi,” imbuhnya.

Sementara, Wayan Soma Adnyana mengaku pengabdiannya pada pembangunan desa sudah cukup lama, sebelum duduk di kursi DPRD Buleleng. Baginya, semua masyarakat desa harus peduli dengan pembangunan di desa. “Pengabdian itu adalah amanah, mari kita bersama-sama membangun desa untuk kemajuan Buleleng. Tentu saya harus bertanggungjawab dalam mengemban pembangunan di desa sesuai cita-cita desa Bersehati,” katanya.

Camat Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara menegaskan, anggota LPM di Desa Pengelatan ini bisa menjadi contoh desa-desa lainnya. Karena ada dua anggota dewan yang bersedia mengabdi untuk pembangunan desa. “Tentu ini menjadi tantangan berat bagi kedua anggota dewan, karena keduanya harus bisa memberikan contoh yang baik bagi desa. Bagaimana bermasyarakat, menginput swadaya masyarakat dalam pembangunan desa,” ujarnya. *k19

Komentar