nusabali

Tiga Anggota DPRD Denpasar Jadi Ketua PAC PDIP

Dua Ketua PAC Incumbent Tergeser di Klungkung

  • www.nusabali.com-tiga-anggota-dprd-denpasar-jadi-ketua-pac-pdip

Tiga anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Denpasar dipercaya menduduki posisi Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) PDIP di Kota Denpasar melalui Musyawarah Anak Cabang (Musancab) PDIP se Denpasar, Sabtu (22/2).

DENPASAR, NusaBali
Ketiganya adalah I Ketut Budha (Ketua PAC PDIP Denpasar Timur), I Made Setiadi (Ketua PAC PDIP Denpasar Selatan), dan Nyoman Tananjaya Asmara Putra (Ketua PAC Denpasar Barat). Satu-satunya ketua PAC terpilih yang merupakan kader di luar dewan, yakni I Made Suweta (Ketua PAC PDIP Denpasar Utara).

Dari keempat Ketua PAC PDIP se Denpasar ini tiga di antaranya merupakan incumbent yang kembali terpilih, yakni I Made Suweta (PAC PDIP Denpasar Utara), I Ketut Buda (Ketua PAC Denpasar Timur) dan Nyoman Tananjaya Asmara Putra (Ketua PAC Denpasar Barat). Ketiganya kembali mendapat dukungan dari anak ranting masing-masing kecamatan.

Sementara I Made Setiadi yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris PAC PDIP Denpasar Selatan menjadi kader promosi yang dipercaya memimpin PAC PDIP Denpasar Selatan menggantikan I Wayan Suadi Putra yang naik menjadi pengurus DPC PDIP Denpasar. Suadi putra juga merupakan anggota DPRD Kota Denpasar.

Pantauan NusaBali, Musancab PDIP se Denpasar digelar di Kantor DPC PDIP Denpasar dimulai pukul 10.00 Wita hingga pukul 13.00 Wita dan dibuka pengurus DPD PDIP Bali, I Made Suparta. Hadir dalam pembukaan Musancab ini anggota DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, para anggota Fraksi PDIP DPRD Provinsi Bali Dapil Denpasar, dan anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Denpasar.

Ketua DPC PDIP Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, usai Musancab mengatakan proses Musancab tersebut berjalan cukup lancar, karena PDIP Denpasar selalu solid dalam menentukan perwakilan mereka. Menurutnya, seluruh ketua PAC terpilih merupakan hasil dari pemilihan yang dilakukan mulai dari musyawarah anak ranting, dilanjutkan dengan musyawarah ranting. Hasil tersebut baru diajukan ke DPD PDIP Bali untuk diberikan rekomendasi.

"Karena PDIP Denpasar selalu solid, tadi (kemarin, red) sudah selesai. Tidak ada ditunda-tunda lagi karena sebagian besar dari incumbent," ungkapnya. Dengan terpilihnya pengurus PAC, Ngurah Gede mengatakan DPC PDIP Denpasar hingga ranting siap memenangkan Pilkada 2020 mendatang. "Karena sudah terbentuk, sekarang yang sudah di ambang pintu kan Pilkada. Itu yang harus dipersiapkan. Dan tadi kami solid, Pilkada Denpasar 2020 harus menang," tegasnya.

Sementara PDIP Klungkung juga menggelar musyawarah anak cabang (Musancab) se-Kabupaten Klungkung di panggung areal Lapangan Puputan Klungkung, Sabtu pagi kemarin. Musancab dipimpin langsung Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PDIP Bali, I Wayan Sutena.

Hasilnya dua incumbent belum tergoyahkan dari posisinya, yaitu Ketua PAC Banjarangkan, I Wayan Atmaja dan Ketua PAC Nusa Penida, I Made Rudana Atmaja. Sementara Ketua PAC PDIP Klungkung yang sebelumnya dijabat oleh Anak Agung Gede Anom Artha digantikan oleh I Ketut Suwirta dan Ketua PAC Dawan yang sebelumnya ditempati I Wayan Sugati digeser oleh I Nengah Ary Priadnya yang notabene Anggota Fraksi PDIP DPRD Klungkung dari Dapil Dawan.

Sekadar diketahui, Anak Agung Anom Artha dan Wayan Sugati sama-sama kalah dalam tarung Pileg 2019 lalu. Sugati sebelumnya sudah dipercaya menduduki posisi Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDIP Klungkung sekaligus merangkap Ketua PAC Dawan. Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PDIP Bali, I Wayan Sutena, mengatakan pemilihan pengurus ini berdasarkan  musyawarah mufakat, maka dari itu prosesnya pra Musancab, yaitu mendengar aspirasi dari ranting-ranting. Ranting itu mengusulkan siapa yang menjadi calon pengurus ketua, sekretaris dan bendahara PAC, kemudian itulah yang direkomendasi oleh DPD partai melalui usulan DPC.

"Rekomendasi itu tidak terlepas dari penilaian DPD partai. Jadi bukan kehendak DPD sehingga keluarlan calon pengurus PAC. Fraksi di Klungkung juga ada yang terakomodir di PAC, namun sebagian besar sudah masuk dalam struktur DPC," ujarnya. *mis, wan

loading...

Komentar