nusabali

Antisipasi Parkir Sembarang, Dishub Kembali Turun ke Kuta

  • www.nusabali.com-antisipasi-parkir-sembarang-dishub-kembali-turun-ke-kuta

Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Badung bersama kepolisian melakukan razia kendaraan yang parkir liar di Jalan Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Badung pada Jumat (21/2) siang.

MANGUPURA, NusaBali

Langkah tersebut untuk mengatasi kendaraan roda empat maupun roda dua yang parkir tidak sesuai kantong parkir yang ada di kawasan itu. Meski ada beberapa pengendara yang ketahuan, mereka hanya diberikan imbauan untuk tidak menggunakan bahu jalan untuk parkir.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Badung, Anak Agung Ngurah Rai Yuda Darma, menerangkan, pemeriksaan yang dilakukan oleh tim gabungan itu sebagai langkah untuk mencegah adanya kendaraan yang masih melanggar di Jalan Pantai Kuta. Pasalnya, kendaraan baik roda empat maupun roda dua yang tidak tertib berlalulintas akan memicu kekroditan di lokasi pariwisata itu, sehingga, perlu dilakukan pemantauan secara rutin. "Itu sudah bagian dari patroli rutin tim gabungan yang tergabung dari berbagai unsur untuk melakukan pengecekan di Jalan Pantai Kuta itu. Tujuannya agar semua kendaraan tidak boleh parkir pada tempat yang semestinya," terangnya, Jumat (21/2) malam.

Pemantauan itu juga, kata dia, sebagai tindaklanjut dari pemasangan barier yang sudah dilakukan pihaknya awal tahun lalu. Dimana, tim Dishub dan kepolisian sudah memberikan pembatas khusus di titik-titik yang kerap digunakan oleh pengguna mobil untuk parkir, padahal lokasi itu steril dari kendaraan. Sehingga, pada Jumat siang itu, sekaligus mengevaluasi keberadaan barier yang sudah terpasang rapi di sepanjang Jalan Pantai Kuta. "Kita sudah pernah pasang barier, nah, kemarin itu bagian dari pengecekan itu juga. Yang bergeser atau yang pindah posisi kita rapikan lagi dan tentunya sembari mengimbau para pengendara roda empat maupun roda dua yang masih melanggar," jelasnya

Dari proses pemantauan itu, keberadaan barier yang telah terpasang itu sudah membantu memecahkan wisatawan yang memarkirkan kendaraan tidak pada tempatnya. Meski demikian, masih ada juga yang nekat melanggar. Saat patroli rutin, kepada yang melanggar masih sebatas diberikan imbauan untuk mencari lokasi parkir yang telah disediakan. Namun, kalau kedepannya masih ada, tentu akan dilakukan penindakan. "Kita masih sebatas imbau. Untuk patroli, akan kita tingkatkan kedepannya. Ini semata untuk membuat lokasi itu benar-benar steril dari parkir sembarangan. Nah, dampaknya, tentu pada kelancaran arus lalulintas disana akan lancar," tutur Yuda Darma.*dar

loading...

Komentar