nusabali

Ombak Tenggelamkan Bangunan PPI Kusamba

  • www.nusabali.com-ombak-tenggelamkan-bangunan-ppi-kusamba

Kondisi bangunan Pusat Pendaratan Ikan (PPI) di Pantai Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, semakin hancur.

SEMARAPURA, NusaBali

Sebagian bangunan telah lenyap ditenggelamkan ombak. Seperti pantauan, Jumat (21/2), kondisi bangunan ini makin miris. Bangunan PPI yang telah dibangun sejak 2005 menelan dana sekitar Rp18 miliar ini belum pernah digunakan. Bangunan PPI tersebut hancur karena terus diterjang ombak. Terlebih kondisi abrasi pantai yang semakin parah.

Menurut seorang pedagang di areal Pantai Karangdadi, Nyoman Dharma,  bangunan PPI tersebut sudah hancur sejak lama. Namun sejak dua bulan lalu kondisinya kian parah, salah satu bangunan di sebelah timur lenyap diterjang ombak. "Sebagian besar bangunan PPI ini juga tertimbun pasir," katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung I Wayan Durma mengatakan, sudah sempat mengecek lokasi PPI bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali. ‘’Untuk sementara ini, dari Dinas Kelautan dan Perikanan Bali masih berkoordinasi dengan pemerintah Pusat," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan PPI tahun 2005 dengan dana alokasi khusus (DAK). Perencanaan awal, biaya pembangunan ini Rp 33 miliar, dibangun bertahap. Namun dana yang turun saat itu cukup minim hanya Rp 1 miliar lebih. Bagitu pula di tahun berikutnya juga kecil dan terakhir DAK turun di tahun 2012, Rp 2,4 miliar. Dana yang sudah turun untuk PPI ini ditambah dana pendamping sekitar total Rp 19,7 miliar. *wan

loading...

Komentar