nusabali

9 DPD II Golkar Bulat Dukung Demer

Pleno Jelang Musda Golkar Bali

  • www.nusabali.com-9-dpd-ii-golkar-bulat-dukung-demer

Demer praktis di ambang terpilih jadi Ketua DPD I Golkar Bali 2020-2025, karena AMPG dan KPPG juga arahkan dukungan

DENPASAR, NusaBali

Gede Sumarjaya Linggih alias Demer di ambang terpilih sebagai Ketua DPD I Golkar Bali 2020-2025. Pasalnya, seluruh 9 DPD II Golkar Kabupaten/Kota se-Bali kompak arahkan dukungan ke Demer dalam Musda Golkar Bali, Senin (24/2) lusa. Selain itu, dari 5 pemegang hak suara lainnya, 3 di antraranya juga mengarahkan dukungan ke Demer, termasuk DPD I Golkar Bali.

Dukungan dari 9 DPD II Golkar Kabupaten/Kota se-Bali kepada Demer ini diputuskan melalui rapat pleno pengurus yang digelar serentak di masing-masing daerah, Jumat (21/2). Ketua DPD II Golkar Denpasar, Wayan Mariyana Wandira, mengakui daerahnya putuskan dukung Demer sebagai Ketua DPD I Golkar Bali 2020-2025, karena berbagai pertimbangan. Salah satunya, untuk membangun soliditas dan komunikasi antar kabupaten/kota.

Menurut Mariyana Wandira, kandidat lainnya, I Wayan Geredeg, juga punya kapasitas untuk memimpin DPD I Golkar Bali. Mantan Bupati Karangasem dua kali periode itu dinilai cukup visioner. Tapi, demi membangun soliditas dan komunikasi antar kabupaten itu, akhirnya Demer yang didukung jadi nakhoda Partai Golkar di Bali.

“Wayan Gredeg juga bagus, dia seorang visioner dan mampu membawa Golkar cukup bagus di Karangasem. Tetapi, kembali lagi, kita butuh membangun soliditas dan komunikasi yang baik antar kabupaten/kota. Yang jelas, ini (sukungan kepada Demer) sementara, karena penentunya saat Musda Golkar Bali nanti," jelas Mariyana Wandira yang juga Wakil Ketua DPRD Denpoasar dari Fraksi Golkar saat dikonfirmasi NusaBali terkait hasil rapat pleno DPD II Golkar Denpasar, Jumat kemarin.

Perebutan kursi Ketua DPD I Golkar Bali dalam Musda, Senin lusa, diprediksi akan jadi ajan tarung head to head antara Demer vs Wayan Geredeg. Demer adalah politisi asal Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng yang kini menjabat Koordinator Pemenangan Pemilu Wilayah Bali-NTB-NTT DPP Golkar merangkap Plt Ketua DPD I Golkar Bali---sejak ditunjuk menggantikan Ketut Sudikerta yang terseret kasus korupsi, Desember 2018 lalu. Saat ini, Demer juga duduk di Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali (periode keempat).

Sedangkan Wayan Geredeg adalah politisi senior asal Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem yang sempat sukses mendandani partainya saat menjabat Ketua DPD II Golkar Karangasem. Wayan Geredeg pula yang sukses merebut kekuasaan PDIP di DPRD Karangasem saat Pileg 2014 lalu. Selain itu, Wayan Geredeg juga sempat dua periode jadi Bupati Karangasem (2005-2010, 2010-2015).

Dalam Musda Golkar Bali, Desember 2015 lalu, Wayan Geredeg nyaris memenangkan duel. Sempat berhasil merangkul mayoritas dari 9 pemegang hak suara unsur DPD II Golkar Kabupaten/Kota, Geredeg pada akhirnya harus merelakan tahta Ketua DPD I Golkar Bali direbut kembali incumbent I Ketut Sudikerta melalui jalan ‘kompromi’.

Sementara, DPD II Golkar Gianyar juga putuskan dukung Demer di Musda Golkar Bali nanti. Keputusan ini diambil dalam rapat plenon DPD II Golkar Gianyar, Jumat kemarin. Menurut Ketua DPD II Golkar Gianyar, I Made Dauh Wijana, pemilihan Ketua DPD I Golkar Bali sebaiknya didasari prinsip kebersamaan, persatuan, dan kesatuan partai, sehingga pelaksanaan Musda berjalan tertib dan lancar.

“Karena itu, kami DPD II Golkar Gianyar telah satu pandangan untuk mendukung Pak Demer,” ujar Dauh Wijana saat dihubungi NusaBali per telepon saat persiapan Musda Golkar Bali di Prime Hotel, Sanur, tadi malam.

Sedangkan Sekretaris DPD II Golkar Klungkung, Tjokorda Gde Agung, mengataka  dalam rapat pleno kemarin, pengurus juga sepakat mendukung Demer. "Kita perlu sosok pemimpin yang memiliki strategi jitu dengan kondisi Golkar seperti saat ini. Beliau (Demer) dari segi pengalaman cukup mumpuni. Beliau juga orang DPP Golkar, sehingga tahu situasi saat ini," jelas Tjok Gde Agung saat dikonfirmasi NusaBali terpisah di Semarapura, tadi malam.

Di sisi lain, DPD II Golkar Buleleng juga sepakat mengusulkan satu nama yakni Gede Sumarjaya Linggih alias Demer sebagai calon Ketua DPD I Golkar Bali, dalam Musda nanti. Kesepakatan itu diputuskan dalam rapat pleno di Sekretariat DPD II Golkar Buleleng, Jalan Ngurah Rai Singaraja, Jumat pagi.

“Selama beliau (Demer) memimpin Golkar Bali, kami melihat partai semakin solid. Nah, kami menilai Pak Demer layak untuk memimpin Golkar Bali ke depan, karena partai harus lebih solid,” ungkap Plt Ketua DPD Golkar Buleleng, Ida Gede Komang Kresna Budi, seusai memimpin rapat pleno yang berlangsung sekitar 1 jam, Jumat kemarin.

Kresna Budi yakin Demer akan dipilih secara aklamasi sebagai ketua DPD I Golkar Bali dalam Musda, Senin nanti. Pasalnya, sejauh ini belum ada figur yang mencalonkan diri. Di samping itu, DPD I Golkar Bali juga mengusung satu nama yakni Demer. “Mana ada calon lagi, calonnya hanya satu Pak Demer. Saya yakin nanti pasti Pak Demer akan dipilih secara aklamasi,” tegas politisi asal Kelurahan Liligundi, Kecamatan Buleleng yang juga Ketua Komisi II DPRD Bali 2019-2024 ini.

Menurut Kresna Budi, dalam Musda nanti, masing-masing DPD II Golkar Kabupaten/Kota memiliki hak 1 suara. Sehingga nanti 9 DPD II Golkar akan mengajukan Demer sebagai calon Ketua DPD I Golkar Bali. “Kalau calon Sekretaris DPD I Golkar Bali, nanti ketua terpilih yang menentukan. Kami hanya mengusulkan calon Ketua DPD I Golkar Bali saja,” jelas Kresna Budi yang notabene adik ipar dari Demer.

Sementara itu, DPD II Golkar Tabanan juga putuskan dukung Demer sebagai calon Ketua DPD I Golkar Bali. Selain dukung Demer, mereka juga mengusulkan Nyoman Sugawa Korry untuk kembali menjadi Sekretaris DPD I Golkar Bali 2020-2025.

“Hasil rapat pleno putuskan dukung dan memilih Bapak Gede Sumarjaya Linggih sebagai Ketua DPD I Golkar Bali, serta usulkan Sugawa Kory jadi Sekretaris DPD I Golkar Bali,” papar Plt Ketua DPD II Golkar Tabanan, I Nyoman Wirya, usai memimpin rapat pleno yang digelar mulai pukul 10.00 Wita, Jumat kemarin.

Menurut Wirya, Demer didukung jadi Ketua DPD I Golkar Bali karena sudah berpengalaman pegang Plt Ketua DPD I Golkar Bali. “Selain itu, beliau (Demer) juga mendapat tugas di Jakarta sebagai anggota DPR RI Dapil Bali dan sekaligus fungsionaris DPP Golkar. Jadi, ada kedekatan beliau dengan DPP Golkar,” tandas anggota Fraksi Golkar DPRD Bali Dapil Tabanan ini.

Sementara, dengan kompaknya dukungan 9 DPD II Golkar Kabupaten/Kota se-Bali, Demer boleh dikata sudah di ambang terpilih sebagai Ketua DPD I Golkar Bali 2020-2025. Sebab, Demer sudah kantongi 9 dari total 14 penegang hal suara di Musda Golkar.

Dari 5 pemegang hak suara lainnya, 3 di antaranya juga mengarahkan dukungan ke Demer, yakni DPD I Golkar Bali, Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Provinsi Bali, dan Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) Provinsi Bali. Hanya DPP Golkar (punya 1 hak suara) dan SOKSI-MKGR-Kosgoro (punya 1 hak suara) yang belum arahkan dukung siapa di Musda Golkar nanti. *mis,isa,k19,des,k16,wan,esa,asa,ode,nar

loading...

Komentar